Ini 8 Kebaikan Taaruf Dibandingkan Berpacaran

Diposting pada

Bukan hal yang mudah untuk menjalin sebuah hubungan menuju pernikahan. Banyak diantara kita yang memilih jalan pacaran karena dianggap menjadi hal yang umum di masyarakat dan memperturutkan hawa nafsu. Namun ada juga yang memilih untuk mencapai tujuan pernikahan lewat jalan taaruf dan tanpa pacaran.

Taaruf sendiri merupakan proses perkenalan yang telah ada di dalam ajaran Islam dimana hal tersebut dilakukan oleh orang dewasa yang sudah siap menjalin hubungan yang serius. Sehingga tidak ada kata taaruf untuk mereka yang masih remaja dan belum siap menikah.

Ini 8 Kebaikan Taaruf Dibandingkan Berpacaran
Ilustrasi

Lantas apa saja kebaikan taaruf tersebut? Berikut adalah 8 kebaikan yang perlu diketahui.

1. Perjalanan Cinta Menjadi Lebih Terarah

Pelaksanaan taaruf biasanya melibatkan orangtua, guru ngaji atau orang terdekat. Ketika kita bersedia untuk melakukan taaruf, maka calon pasangan pun akan sangat mengetahui tujuan akhir dari proses tersebut.

Dengan demikian tidak perlu ada kekhawatiran ketika mendapatkan pertanyaan “Mau dibawa kemana hubungan kita?”

2. Terhindar Dari PHP

Dalam proses taaruf, ketegasan sangat diperlukan sehingga bisa menghindarkan diri dari PHP. Ketika sudah berkenalan hingga berkunjung antar keluarga, mantapkanlah hati apakah akan meneruskan proses tersebut atau tidak. Jadi tidak ada harapan semu yang hanya akan membuat hati menjadi sakit.

3. Taaruf Yang Gagal Tidak Akan Membuat Hati Hancur

Karena proses taaruf tidak berlangsung selama bertahun-tahun, maka ketika gagal menuju pernikahan, hal tersebut tidak akan membuat hati menjadi hancur. Sehingga kita pun tidak akan terus merana lantaran mengalami kegagalan.

4. Proses Lebih Jujur Dan Apa Adanya

Beda dengan pacaran yang berusaha menutupi kekurangan dan menunjukkan sisi baik yang kadang palsu, taaruf lebih jujur dan apa adanya. Terlebih lagi proses taaruf melibatkan beberapa pihak seperti keluarga atau teman terdekat yang sudah pasti mengetahui sifat asli tiap calon pasangan.

5. Bisa Menentukan Dan Menulis Kriteria Jodoh Yang Diinginkan

Beberapa proses menuju taaruf salah satunya adalah melalui proposal. Di sana kita bisa menulis kriteria pasangan yang diharapkan. Sehingga sebelum bertatap muka bisa terlebih dahulu mengenal sifat atau kebiasaan calon pasangan tersebut apakah cocok atau tidak.

6. Taaruf Dilakukan Secara Rahasia

Dalam prosesnya, taaruf hanya melibatkan beberapa pihak yang dekat saja seperti keluarga. Jadi ketika proses tersebut gagal, dunia luar tidak akan tahu hal tersebut sehingga tidak dicap sebagai playboy atau playgirl. Terlebih keluarga akan berusaha menutupi aib atau rahasia kita.

7. Lebih Mudah Move On

Proses taaruf yang terbilang singkat yakni paling lama setengah tahun menjadikan kita yang gagal prosesnya lebih mudah untuk move on. Hal ini karena belum banyak yang membekas di hati dan belum banyak yang dikorbankan untuk merajut cinta sejati.

8. Taaruf Membuat Kita Percaya Allah Memberi Jodoh Terbaik Dan Perjalanan Cinta Sebenarnya Dimulai

Tidak menjalani pacaran dan mendapatkan jodoh lewat taaruf, maka pernikahan akan minim dengan drama dan lebih banyak dijalani berdasarkan komitmen. Beberapa diantaranya komitmen untuk saling mencintai karena Allah dan bertanggung jawab dengan pilihan yang telah diambil.

Wallahu A’lam


Baca Juga:

Loading...