Bocah Kelas 2 SD Surabaya Ini Tak Disangka Hafal Letak Seluruh Negara Beserta Ibukotanya



Setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda-beda seperti ada yang jago matematika, jago menghafal ataupun suka dunia seni. Pihak sekolah maupun orangtua pun semestinya mendukung potensi setiap anak. Salah satunya seperti seorang bocah kelas 2 SD Muhammadiyah 22 Surabaya bernama Moch Farhan Arbiansyah.

Bocah kelahiran 17 Oktober 2009 tersebut mendapatkan nilai 100 persen benar dalam menunjukkan letak negara-negara beserta ibu kotanya.

Bocah Kelas 2 SD Surabaya Ini Tak Disangka Hafal Letak Seluruh Negara Beserta Ibukotanya

“Ada sekitar delapan guru yang melakukan tes ingatan terhadap ananda Arbi. Hasilnya memuaskan, 100 persen benar,” ucap Suharti selaku Kepala SD Muhammadiyah 22 Surabaya, seperti yang dikutip Harian Terbit, Senin (2/1/2017).

Lebih lanjut Suharti menuturkan bahwa putra dari pasangan Moch Arifin (47 tahun) dan Nur Habidah (48 tahun) tersebut memiliki kelebihan daya ingat yang luar biasa sehingga membuat pihak sekolah berusaha mendorong potensi yang dimilikinya.

"Saya selaku kepala cukup bangga ada siswa dari SD Muhammadiyah 22 yang memiliki kelebihan dan prestasi. Saya sudah mencari informasi kemana-mana ternyata belum ada anak dengan umur yang masih muda yakni 7 tahun sudah yang punya kelebihan menghafal nama-nama negara. Bahkan orang dewasa pun banyak yang tidak hafal," ujar Suharti.

Diketahui bahwa bocah yang tinggal bersama orangtuanya di Perumahan Kebraon Manis Selatan Surabaya ini memang menyukai pengetahuan dunia. Terlebih saat Farhan membaca peta dunia, seperti yang diungkapkan oleh sang ibu Nur Habidah.

“Dari situlah, Farhan dapat memahami di mana posisi dan letak suatu negara,” ucapnya.

Berawal dari melihat aktivitas ayahnya yang seorang anggota TNI AL di Marinis Pasmar 1 Gedangan Sidoarjo, Farhan kemudian mulai menyukai dan mempelajari nama dan letak negara-negara di dunia.

"Saya biasanya buka peta, anak saya ini memperhatikan terus. Begitu memperhatikan langsung bisa menangkap dengan bertanya-tanya nama negara-negara di peta. Spontanitas saya jelaskan nama-nama negara itu, dan anak saya cepat memahami dan hafal semua negara beserta ibu kotanya," pungkas Arifin, ayah Farhan.

Baca Juga:





Loading...