Meski Harus Tidur Di Emperan Toko, Tukang Becak Ini Tetap Tunaikan Shalat Lima Waktu

Diposting pada

Sesungguhnya tujuan manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah semata, bagaimana pun keadaan manusia tersebut. Namun banyak dari kita yang justru terlalaikan dengan keadaan seperti kekayaan yang melimpah ataupun kesibukan mencari duniawi sehingga akhirat pun dilupakan.

Tengoklah sosok tukang becak yang kini sedang ramai dibicarakan di media sosial. Nampak dalam foto yang tersebar, kakek tersebut sedang menjalankan shalat di emperan toko dengan alas seadanya. Padahal saat itu cuaca sedang dingin dikarenakan hujan yang mengguyur.

Meski Harus Tidur Di Emperan Toko, Tukang Becak Ini Tetap Tunaikan Shalat Lima Waktu

Foto tukang becak yang inspiratif itu pun diunggah oleh akun Instagram @erdhe_. Diketahui bahwa tukang becak tersebut segera mendatangi emperan toko yang berada di Jalan Gedongan Megansari Mojokerto Jawa Timur ketika semua tokonya sudah tutup.

Bukan hanya melaksanakan shalat saja, tukang becak itu juga tidur di emperan tersebut dengan alas dari dus bekas.

Dalam statusnya, Erdhe menulis bahwa ia sering menjumpai tukang becak itu karena emperan toko berhadapan dengan sekolahnya.


“Terharu ketika aku melihat mbah ini tetap melaksanakan salat malam dalam keadaan apapun *lagi hujan. Beliau bukan asli orang Mojokerto. Tiap malam tidurnya di depan toko Anugerah, paginya beliau mencari nafkah dengan mengayuh becak. Ketika toko Anugerah tutup beliau langsung di sini tidur, makan, salat dan lain-lain. Aku sering menjumpai ia karena toko itu berhadapan dengan sekolahku. Ya Allah beri kesehatan pada beliau,” tulis Erdhe.

Tukang becak itu pun merasa sudah nyaman tinggal di emperan toko dan enggan untuk pulang kampung. Padahal saat itu banyak yang memberikan tawaran transportasi gratis.


“Sudah banyak yang nawarin buat balik ke Jateng tapi mbahnya ndak mau. Saya ndak berani tanya lebih dalam takut barang kali ada masalah keluarga di sana,” tutur Erdhe, Selasa (20/12/2016).

Unggahan itu pun mendapatkan beragam komentar dan salah satunya dari akun @justcallmeikka yang sempat berbincang dengan tukang becak tersebut.

Dari penuturan netizen itu diketahui bahwa mbah tukang becak tersebut masih memiliki anak dan istri. Meski demikian ia pun tidak tahu mengapa sang tukang becak lebih memilih untuk tinggal sendiri di emperan toko.

Diceritakan bahwa banyak tawaran berupa tiket gratis seperti lewat kereta api maupun mobil, namun semua ditolak dan tidak dijelaskan mengapa ia menolaknya.

“Saya tanya alasannya kenapa menolak, beliau tidak menjawab,” kata @justcallmeikka.

Tukang becak itu pun seringkali bertanya tujuan orang-orang mendekati atau berbicara dengannya. Ia takut jika kisahnya menjadi ramai diperbincangkan di media sosial.

Baca Juga:

Loading...