Merasa Gaji Suami Tidak Cukup Setiap Bulannya? Lakukan 6 Hal Ini



Tidak dapat dipungkiri bahwa rumah tangga akan senantiasa berhubungan dengan finansial atau keuangan. Hal ini pun didapat dari gaji suami yang setiap bulan disetorkan atau diberikan kepada istri.

Terkait dengan cukup tidaknya rezeki yang diberikan suami kepada istri sesungguhnya bersifat relatif. Boleh jadi ada suami yang memberikan nafkah 2 juta dan cukup untuk kebutuhan satu bulan. Ada juga yang memberikan 50 juta per bulan namun selalu merasa kurang.

Merasa Gaji Suami Tidak Cukup Setiap Bulannya? Lakukan 6 Hal Ini

Lantas bagaimana jika gaji dari suami dirasa tidak cukup? Ini 6 hal yang harus dilakukan oleh suami istri.

1. Mengevaluasi Gaya Hidup Atau Lifestyle

Pikirkanlah sejenak mengenai pendidikan anak apakah harus menyekolahkan ke sekolah bergengsi atau mahal? Apakah hanya sekedar ingin terlihat kaya? Perlukah juga mengikuti arisan di berbagai tempat ataupun membeli barang yang tidak penting?

Pikirkan juga apakah harus membeli kosmetik dengan harga yang sangat mahal atau jalan-jalan ke Mall setiap akhir pekan? Jika hal tersebut tidak sesuai dengan pendapatan, maka lakukanlah efisiensi anggaran.

2. Menemukan Pengeluaran Yang Bisa Diakali

Ketahuilah bahwa semua pengeluaran rumah tangga bisa diakali dengan bijak. Caranya adalah dengan melakukan penghematan seperti dengan mengganti menu makanan menjadi lebih sederhana ataupun melakukan puasa sunah senin kamis sekeluarga.

Selain bisa menghidupkan sunnah Rasul, berpuasa juga bisa menyehatkan sekaligus menghemat anggaran.

Pengeluaran lainnya pun bisa ditekan sedemikian rupa dengan cara yang bijak.

3. Melaksanakan Shalat Dhuha Bersama-Sama

Bagi umat Islam, selain berikhtiar, diharuskan juga berdoa dan salah satunya lewat melaksanakan shalat dhuha. Shalat sunat ini juga dikenal dapat menarik rezeki sehingga perlu kiranya melaksanakan ibadah tersebut bersama-sama dengan keluarga.

4. Bersedekah

Banyak yang menyangka bahwa bersedekah hanya akan mengurangi pendapatan dan menambah beban pengeluaran. Padahal Allah menjanjikan bahwa bersedekah bisa menjadi magnet rezeki yang lebih besar. Karenanya sisihkan pendapatan sekitar 10 hingga 30% untuk disedekahnya dan utamakan memberi kepada keluarga atau kerabat yang sangat membutuhkan.

5. Berhenti Mengeluh Dan Perbanyak Bersyukur

Manusia yang merasa hidup atau rezekinya selalu kekurangan, akan benar-benar membuat kenyataannya pun menjadi kurang. Ini karena kata-kata merupakan sebuah doa. Karenanya perbaikilah kata yang diucapkan dan perbanyaklah bersyukur sebagai wujud atas rasa terima kasih dari rezeki Allah yang berlimpah.

6. Mencari Pekerjaan Sampingan Ataupun Bisnis Rumahan

Cara untuk menutupi rasa kekurangan dalam pendapatan adalah dengan menambah pemasukan. Contohnya istri bisa membantu suami dengan membuka usaha jualan online, buka catering, kursus ataupun yang lainnya.

Semoga bermanfaat

Baca Juga:





Loading...