Inilah Pesan Terindah Dari Doa Yang Dipanjatkan Oleh Nabi Sulaiman Alaihi Salam



Banyak umat muslim yang tidak mengetahui bahwa Nabi Sulaiman merupakan anak dari Nabi Daud Alaihi Salam. Saat kecil Nabi Sulaiman sudah menunjukkan kecerdasannya sehingga tak heran jika di usia 13 tahun, beliau sudah menjadi seorang raja dan menggantikan ayahnya.

Allah memberikan begitu banyak kelebihan pada diri Nabi Sulaiman Alaihi Salam. Selain mampu menundukkan jin dan bisa berbicara dengan hewan, ia juga diberi kelimpahan rezeki. Meski demikian Nabi Sulaiman tidak sombong dan menyadari bahwa segala yang didapatnya merupakan milik Allah.

Inilah Pesan Terindah Dari Doa Yang Dipanjatkan Oleh Nabi Sulaiman Alaihi Salam

Rasa ketergantungannya kepada Allah pun tersirat dalam doa yang senantiasa dipanjatkannya. Kita selaku muslim pun bisa mengamalkan doa tersebut dan merenungkannya karena memiliki pesan yang sangat indah.

Dalam Al Qur’an Allah berfirman bahwa Nabi Sulaiman berdoa, “Ya Tuhan-ku, anugerahkanlah aku petunjuk untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau Anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau Ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba- hamba-Mu yang saleh.” (QS.an-Naml:19)

Adapun pesan yang bisa dipetik dari doa Nabi Sulaiman Alaihi Salam tersebut adalah:

1. Senantiasa Bersyukur Atas Nikmat Yang Allah Beri

Bersyukur kepada Allah merupakan pertolongan Allah kepada hamba-Nya untuk senantiasa tersadar. Sungguh jika bukan karena pertolongan Allah, maka sulit manusia untuk mau bersyukur. Selain itu bersyukur mampu menjadi nikmat semakin bertambah, sebagaimana janji Allah dalam Al Qur’an.

2. Tidak Melupakan Orangtua Dan Kebaikan Mereka

Sebagai anak yang shaleh, mendoakan orang tua merupakan bukti ketaatan yang Allah ridhoi. Bahkan Allah senantiasa mengingatkan manusia untuk berbuat baik kepada sosok yang melahirkan dan mengurus manusia tersebut. Tanpa jasa orangtua, maka kita bukanlah siapa-siapa. Karenanya jangan lupakan untuk senantiasa mendoakan mereka.

3. Segala Nikmat Yang Didapat Digunakan Untuk Menuju Ridho-Nya

Segala nikmat yang diperoleh hendaknya mampu menjadikan kita lebih dekat kepada Allah sebagai Maha Pemberi Nikmat. Salah satunya adalah fisik yang sempurna dimana harus digunakan untuk kebaikan dan menuju ridho-Nya.

4. Senantiasa Mengharap Ridho-Nya

Nabi Sulaiman memberikan pengajaran bahwa dalam meniti kehidupan harus senantiasa mengharapkan ridho Allah. Sungguh sangat sia-sialah amalan jika tidak berniat untuk menuju ridho Allah.

5. Senantiasa Tergolong Orang Yang Shaleh

Di akhir doa, Nabi Sulaiman berharap agar dimasukkan dalam golongan orang yang shaleh. Sungguh pengharapan yang mulia dari manusia mulia. Lantas bagaimana dengan kita yang hanya manusia biasa?

Karenanya jika ingin masuk dalam golongan orang shaleh, laksanakanlah segala perintah Allah dan jauhilah larangan-Nya.

Baca Juga:


Semoga kita bisa mengamalkan doa dari Nabi Sulaiman Alaihi Salam dan merenungi hikmah di dalamnya. Wallahu A’lam



Loading...