Ini Fakta Tentang Mata Kucing Yang Membuat Kita Semakin Mengagungkan Allah



Sesungguhnya tanda kekuasaan Allah banyak terdapat dalam diri makhluk ciptaan-Nya itu sendiri. Salah satunya yang terdapat dalam kucing dimana hewan tersebut merupakan hewan yang amat disayangi oleh Rasulullah.

Salah satu bagian tubuh dari kucing yang bisa membuat kita semakin mengagungkan Allah adalah matanya. Mata kucing mampu membedakan warna biru, hijau dan merah dengan mudah. Selain itu mata kucing bisa melihat di malam hari.

Ini Fakta Tentang Mata Kucing Yang Membuat Kita Semakin Mengagungkan Allah

Ketika malam hari, kelopak mata kucing akan terbuka. Ini karena saat mata terkena sedikit cahaya menjadikan pupil menjadi lebih besar hingga mencapai 90%. Dengan demikian kucing dengan mudah melihat saat gelap.

Sementara saat mata kucing terkena cahaya yang terang, pupil akan mengecil dan menjadi garis vertikal yang tipis. Adapun lapisan yang di belakang retina berfungsi untuk memantulkan cahaya. Inilah penyebabnya mengapa mata kucing bisa bercahaya di saat gelap.

Selain karena adanya lapisan yang disebut kristal tapetum lucidum, kucing juga dapat melihat di malam hari karena sel batang dalam mata lebih banyak dari sel kerucut. Meski hanya dapat membentuk bayangan hitam dan putih, namun sel ini sangat sensitif terhadap cahaya sehingga cukup dengan sedikit cahaya, kucing pun dapat melihat di malam hari.

Selain itu kelebihan mata kucing juga adalah ukurannya yang lebih besar dari bola mata manusia. Jika manusia bisa melihat hingga sudut 160 derajat, maka kucing bisa melihat hingga 187 derajat sehingga kucing bisa melihat dengan lebih luas.

Keagungan Allah yang terdapat dalam mata kucing lainnya adalah adanya membran ketiga yang disebut nictitating membrane. Membran ini bisa bergerak dari satu mata ke mata lainnya. Fungsinya adalah kucing tidak harus selalu menutup mata ketika berkedip. Bahkan membran ini bisa melindungi mata kucing dari benda-benda lain.

Selain kelebihannya, mata kucing juga memiliki kekurangan yakni tidak dapat fokus pada benda yang dekat, sama seperti halnya yang dialami manusia. Meski demikian Allah melengkapi kucing dengan bulu dan penciuman yang dapat mendeteksi hal di dekatnya.

Baca Juga:


Demikianlah Allah menciptakan makhluk-Nya dengan segala kelebihan. Semoga menjadikan kita lebih mengagungkan Allah dan senantiasa tunduk kepada-Nya. Wallahu A’lam



loading...