Enggan Berdoa Bisa Sebabkan Orang Berdosa, Benarkah?

Diposting pada

Salah satu kekuatan bagi seorang muslim adalah berdoa dan itu dilakukan ketika terjadi sesuatu ataupun memerlukan sesuatu. Dengan berdoa berarti kita meminta kepada Allah atas segala yang kita butuhkan atau inginkan. Karena sesungguhnya Allah-lah pemilik segala sesuatu yang patut dipinta.

Enggan Berdoa Bisa Sebabkan Orang Berdosa, Benarkah?

Terkait banyaknya perintah berdoa, sebagian orang pun berpikiran bahwa berdoa seakan menjadi kewajiban dan yang enggan berdoa dikategorikan berdosa. Benarkah hal tersebut?
Allah memang telah memerintahkan manusia dalam Al Qur’an untuk berdoa. Salah satunya yang terdapat dalam Surat Al A’rof ayat 55.


“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS Al A’rof 55)

Sementara dalam ayat yang lain dijelaskan bahwa orang yang enggan berdoa termasuk orang yang sombong.


“Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang bersikap sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al Ghafir 60)

Berdasarkan Imam Ibnul Jauzi bahwa salah satu kesombongan manusia adalah ketika tidak mau berdoa kepada Allah dan hal tersebut diancam akan masuk neraka. Bahkan enggan berdoa bisa membuat Allah marah, sebagaimana dalam hadist Rasulullah dari Abu Hurairah.

“Siapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Dia akan marah kepadanya.” (HR Turmudzi)

Sehingga dari sejumlah keterangan tersebut dapat diketahui bahwa hukum berdoa terbagi menjadi dua bagian yakni:

1. Doa Dilihat Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, doa menjadi hal yang wajib. Artinya dalam sepanjang hidupnya, seorang manusia wajib berdoa kepada Allah. Dengan kata lain jika sepanjang hidupnya enggan berdoa, maka ia termasuk orang yang berdosa.

2. Dilihat Secara Satuan Doa

Sementara jika dilihat dalam satuan doa atau bentuk-bentuk doanya, maka hal tersebut hanya berupa anjuran dan tidak menjadi wajib. Namun semakin banyak berdoa semakin baik.

Bahkan dalam sebuah syair yang terdapat dalam tafsir Ibnu Katsir dinyatakan, “Allah murka ketika engkau tidak berdoa kepada-Nya. Dan Bani Adam murka,”

Wallahu A’lam


Baca Juga:

Loading...