Difitnah Bantu Pemberontak Suriah, Organisasi IHR Pimpinan Ustadz Bachiar Nasir Justru Panen Berkah



Media sosial Twitter sempat dihebohkan dengan hastag #UsutBachtiarNasir dimana hal tersebut berkaitan dengan fitnah yang ditujukan kepada ustadz Bachtiar Nasir. Ternyata tidak semua penyebar hastag merupakan manusia asli, melainkan akun palsu.

Difitnah Bantu Pemberontak Suriah, Organisasi IHR Pimpinan Ustadz Bachiar Nasir Justru Panen Berkah

Hal ini dikemukakan oleh pengacara senior Mahendradatta melalui akun Twitternya. Fitnah yang ditujukan kepada Ketua GNPF MUI tersebut berawal dari sebuah video yang memperlihatkan bantuan dari Indonesian Humanitarian Relief (IHR) di markas pemberontak Suriah. IHR sendiri merupakan organisasi pimpinan Ustadz Bachtiar Nasir untuk membantu umat muslim yang dilanda penderitaan.

Dalam video itu pun dinyatakan bahwa dengan kata lain Ustadz Bachtiar Nasir menjadi pendukung pemberontak Suriah dan donasi untuk Aleppo dianggap membohongi masyarakat.

Meski pemberitaan fitnah di media sosial itu telah tersebar, namun ternyata hal tersebut berbuah berkah. Pasalnya IHR justru mendapatkan banyak bantuan dari donatur baru. Muslim yang awalnya tidak mengetahui adanya IHR kini menjadi tahu dan ingin ikut serta membantu.

Salah satunya seperti akun Facebook Rina Zoe yang menulis, “Adakah nomor rekening IHR. Walaupun mungkin sedikit inshaAllah bisa bantu saudaraku di Aleppo.”

Selain itu ada juga akun Tri Suciono yang menulis, “Mohon nomor rekening bank IHR dishare ya. Syukron katsir.”

Terkait fitnah tersebut, pihak IHR menyatakan bahwa mereka menyadari akan adanya pihak yang berusaha membunuh karakter NGO-NGO kemanusiaan yang dilakukan oleh ormas islam, ulama dan aktivis kemanusiaan.

“Tuduhan IHR tidak menyalurkan untuk warga Suriah jelas tuduhan fitnah dan tidak benar. Pihak-pihak yang melakukan propaganda ini hanya menyandarkan kepada satu potongan berita, tanpa mau melihat informasi secara utuh. Padahal bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Suriah kami lakukan dengan bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan yang sangat kredibel di Turki, yakni İnsan Hak ve Hürriyetleri İnsani Yardım Vakfı atau dikenal dengan nama IHH. IHH adalah organisasi lembaga kemanusiaan internasional yang telah diakui oleh PBB. Dalam kiprahnya, IHH pernah menjadi inisiator konvoi kemanusiaan Freedom Flotilla menuju Gaza, Palestina, yang diikuti lembaga dan aktivis kemanusiaan dunia,” demikian salah satu poin pernyataan IHR.

Lihat Juga:





Loading...