Arab Saudi Pertimbangkan Umroh Singkat dengan Biaya Visa 500 Riyal



Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sedang mempertimbangkan biaya visa umrah sebesar 500 riyal khusus untuk jamaah umroh dengan masa tinggal di Arab Saudi maksimal lima hari.

Arab Saudi Pertimbangkan Umroh Singkat dengan Biaya Visa 500 Riyal
Masjidil Haram Desember 2016


"Ini adalah salah satu dari banyak alternatif yang sedang kami pertimbangkan," kata Mohammed Saleh Bantan, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, seperti dilansir Saudi Gazette, Selasa (13/12).

Sejak Oktober 2016, struktur biaya visa haji dan umroh memang telah dievisi dan sudah diterapkan di Arab Saudi. Namun belakangan ini, muncul kebijakan baru berupa pembebanan biaya tambahan 2.000 riyal, kepada jamaah yang melakukan umrah kedua selama setahun.

Menteri Haji dan Umroh yang masih berdarah Banten ini berdalih bahwa, biaya umroh yang baru akan membebankan biaya tambahan keberangkatan pertama, kepada pemerintah Arab Saudi. Ia turut meminta ada konsolidasi konsep perhotelan untuk jamaah melalui proyek-proyek kreatif.

"Ini harus diganti dengan keramahan sistem yang lama, ketika para tamu Allah dilayani secara cuma-cuma demi Allah SWT," ujarnya.


Loading...