Rasulullah Sebut Salah Satu Ciri Penghuni Surga Adalah Berhati Seperti Burung, Ini Maksudnya

Rasulullah Sebut Salah Satu Ciri Penghuni Surga Adalah Berhati Seperti Burung, Ini Maksudnya

author photo
Masuk ke dalam surga merupakan impian setiap orang karena di dalamnya akan dipenuhi berbagai kenikmatan dan kedamaian yang tiada ujungnya. Keindahan surga pun melebihi dunia dan isinya sehingga menjadi tempat kesudahan yang selalu diusahakan agar bisa tercapai.

Namun bukan perkara yang mudah untuk masuk ke dalam surga. Meski demikian, Rasulullah telah menyebutkan ciri-ciri orang yang bisa masuk ke dalamnya. Salah satunya dikatakan dalam hadist bahwa orang yang menjadi penghuni surga adalah mereka yang memiliki hati seperti burung.

Rasulullah Sebut Salah Satu Ciri Penghuni Surga Adalah Berhati Seperti Burung, Ini Maksudnya

Keterangan ini terdapat dalam hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu yang berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Akan ada sekelompok orang yang masuk surga, hati mereka seperti hatinya burung.” (HR Ahmad dan Muslim)

Lantas bagaimana umat Islam memaknai sabda Rasulullah tersebut?

Disebutkan dalam kitab Syarh Shahih Muslim bahwa Imam Nawawi menyebutkan ada 3 pendapat yang memaknai sabda Rasulullah tersebut.

1. Hati Yang Lembut Layaknya Burung

Burung diidentikkan dengan sifatnya yang lembut dan Rasulullah pun memberikan pujian kepada penduduk Yaman karena kelembutan hati mereka.

Rasulullah bersabda,"Ada penduduk Yaman yang datang di tengah kalian. Mereka manusia yang paling lembut hatinya. Pemahaman agama banyak di Yaman dan hikmah banyak di Yaman.” (HR Bukhari Muslim)

2. Hati Yang Mudah Takut Layaknya Burung

Burung juga dikenal karena sifatnya yang penakut sehingga manusia yang memiliki hati seperti burung adalah mereka yang mudah kembali kepada kebenaran dan bukan anti terhadap nasehat. Mereka pun telah Allah puji dalam Al Qur’an dengan gelar ulama.

Allah Berfirman, “Yang takut kepada Allah diantara para hamba-Nya adalah ulama.” (QS Fathir 28)

3. Hati Yang Bergantung Dan Bertawakal Kepada Allah

Dalam berbagai keterangan dijelaskan bahwa burung identik dengan ciri tawakalnya seorang hamba. Salah satunya dalam hadist riwayat Imam Ahmad dan Turmudzi.

Rasulullah bersabda, “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberi rezeki kepada kalian sebagaimana burung diberi rezeki. Dia berangkat dalam kondisi perut kosong dan pulang dalam kondisi perut kenyang.” (HR Ahmad dan Turmudzi)

Demikianlah ciri manusia yang akan menjadi penghuni surga dimana senantiasa lembut, takut dan bertawakal kepada Allah semata. Wallahu A’lam

Baca Juga:



Next article Next Post
Previous article Previous Post