Manfaat Dahsyat Puasa Senin Kamis

Manfaat Dahsyat Puasa Senin Kamis

author photo
Mungkin para pembaca Kabarmakkah.com sudah terbiasa puasa Senin Kamis? Subhanallah, Alhamdulillah.. Jika para pembaca senantiasa merutinkan puasa senin kamis.

Manfaat Dahsyat Puasa Senin Kamis


Akan tetapi jika belum, pembahasan berikut ini mungkin bisa menambah motivasi kepada anda semua untuk mulai mendawamkan puasa sunah Senin Kamis:

1. Di Hari Senin dan Kamis Berbagai Amalan Manusia Dihadapkan Kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

2. Puasa Senin Kamis Mampu Memperbaiki Kualitas Tidur

Hasil penelitian Dr. Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, dengan menggunakan EEG (perekam gelombang otak) menunjukkan puasa membuat tidur lebih berkualitas atau Deep sleep, sehingga berpengaruh pada perbaikan tubuh dan otak.

3. Puasa Senin Kamis Bisa Mengontrol Berat Badan Dan Gula Darah

Menu sahur dan saat berbuka puasa senin kamis juga harus diperhatikan, jangan sampai berlebihan, akan tetapi pada umumnya puasa bisa mengontrol berat badan dan gula darah sekaligus.

Dr. Madarina Julia, Sp.A, MPH menjelaskan, " Ketika puasa, kita menahan lapar. Ketika lapar itulah terjadi penurunan kadar gula darah dan pelepasan growth hormon (hormon pertumbuhan). Saat terjadi pelepasan growth hormon, lemak viseral yang posisinya biasanya di perut akan terbakar sehingga perut menjadi langsing. Jadi, berpuasa memiliki dua efek, yakni : pertama, mengurangi makan sehingga berat badan turun; kedua, efek dari lapar membuat gula darah menjadi rendah dan hormon pertumbuhan keluar, sehingga akan membakar lemak viseral dan memperbaiki kualitas pembuluh darah."

4. Puasa Senin Kamis Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Harvard University menunjukkan bahwa pembatasan asupan makanan meningkatkan sistem imun tubuh. Tubuh mulai memproduksi sel darah putih yang baru, yang mampu mengusir serangan infeksi.

5. Puasa Senin Kamis Bagus untuk kesehatan jiwa

Ketika sedang berpuasa, seseorang akan mampu mengontrol amarahnya, sehingga baik untuk terapi kesehatan jiwa. Hal ini pernah dijelaskan oleh praktisi kesehatan, Alan Cott dalam bukunya yang berjudul Fasting as a Way of Life dan Fasting the Ultimate Diet.

Di dalam buku tersebut, disebutkan bahwa gangguan jiwa yang parah mampu direduksi dengan berpuasa. Adapun gangguan mental lain seperti susah tidur, rendah diri dan cemas berlebihan dapat pula direduksi dengan terapi berpuasa. Hal ini dibuktikannya dalam penelitian Alan Cott di Rumah Sakit Grace Square, New York Amerika Serikat.

Semoga terinspirasi untuk mulai merutinkan puasa Senin Kamis, Aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post