Inilah Kebiasaan Rasulullah Ketika Hari Jumat Tiba




Bagi umat Islam, hari Jum’at merupakan hari yang istimewa karena ada banyak keutamaan di dalamnya. Pada hari tersebut, umat muslim akan memenuhi masjid guna melaksanakan ibadah Jumat. Tentu rasanya begitu menyejukkan bisa bersama-sama dalam satu tujuan mengharap ridho Illahi.

Meski hanya sebentar, namun seorang muslim tidak boleh menyia-nyiakan hari yang penuh berkah tersebut. Kita bisa melakukan berbagai hal yang positif dan bermanfaat. Namun apa saja yang mesti dilakukan?

Inilah Kebiasaan Rasulullah Ketika Hari Jumat Tiba

Sudah diketahui bahwa Rasulullah merupakan suri tauladan yang baik sehingga apapun yang dikerjakannya merupakan contoh yang harus kita tiru. Salah satunya adalah kebiasaan Rasulullah ketika hari Jumat tiba. Apa saja yang dilakukan oleh Rasulullah?

Selain melakukan dzikir dan memperbanyak ibadah sunnah, Rasulullah juga ternyata melakukan ibadah sosial di hari tersebut. Yang dilakukannya adalah dengan memperbanyak silaturahmi kepada kerabat. Contohnya seperti menghadiri pernikahan, menjenguk orang yang sakit atau tertimpa musibah dan melakukan kegiatan sosial lainnya.

Keterangan tersebut terdapat dalam kitab ‘Amal Yaum Wa Lailah karangan Al Suyuthi. Penulis menyebutkan bahwa Rasulullah senantiasa membaca surat Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq sebanyak 7 kali dan memperbanyak shalawat, baik saat siang hari maupun malam hari.

Rasulullah juga melaksanakan shalat sunnah setelah shalat Jumat di rumahnya. Rasulullah pun mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah ataupun akad nikah.

Itulah kebiasaan yang Rasulullah lakukan ketika hari Jumat tiba dimana beliau memanfaatkan secara maksimal hari tersebut dengan berkumpul bersama para muslim. Wallahu A’lam

Baca Juga:







loading...