Inilah Golongan Manusia Yang Kekal Di Neraka Selama-Lamanya




Allah telah menyediakan dua tempat kesudahan bagi manusia di akhirat kelak yakni surga dan neraka. Surga yang penuh kenikmatan, berbanding terbalik dengan neraka yang berisi beragam penyiksaan menyedihkan. Meski tidak ada yang ingin masuk ke dalam neraka, namun karena perbuatannya selama di dunia, banyak akhirnya yang masuk kedalamnya.

Disebutkan bahwa ada golongan manusia yang masuk ke dalam neraka dan akan kekal di dalamnya. Mereka adalah orang yang kafir dan musyrik, golongan yang tidak mempercayai Allah dan menjadikan sekutu atas Allah lewat sesembahan yang lain.

Inilah Golongan Manusia Yang Kekal Di Neraka Selama-Lamanya

Di dalam Al Qur’an surat Al Arof ayat 36, Allah Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri, mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (Qs. Al-A’raf 36)

Sementara dalam Al Qur’an surat Al Anbiya ayat 99, Allah berfirman:

لَوْ كَانَ هَٰؤُلَاءِ آلِهَةً مَّا وَرَدُوهَا ۖ وَكُلٌّ فِيهَا خَالِدُونَ

“Andaikata berhala-berhala itu tuhan, tentulah mereka tidak masuk neraka. Dan setiap (mereka) akan kekal di dalamnya” (Qs. Al-Anbiya 99).

Orang yang kafir dan musyrik tersebut akan terus mengalami penyiksaan di neraka dan tidak akan mati oleh penyiksaan tersebut dengan tujuan agar mereka terus merasakan kepedihan yang tiada ujungnya.

“Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir.” (Qs. Fathir 36)

Kafir disini juga bukanlah orang yang kufur terhadap nikmat Allah saja, namun juga orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan enggan mematuhi apa yang diperintahkan-Nya.

“Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (Qs. Al-Baqarah 39)

Allah pun berfirman bahwa kondisi orang kafir dan musyrik tersebut tidak akan dapat keluar dari neraka dan terus mendapatkan siksaan, meski mereka menginginkan untuk keluar.

“Mereka ingin keluar dari neraka, padahal mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari sana, dan mereka beroleh azab yang kekal.” (Qs. Al-Ma’idah 37)

Baca Juga:


Semoga kita semua tidak menjadi salah satu orang yang kekal di neraka selama-lamanya dan semoga Allah Ta’ala senantiasa membimbing kita menuju jalan keselamatan-Nya. Aamiin





loading...

close ini