Ingin Bisa Menghafal Al Qur’an? Hafidz Qur’an Fatih Seferagic Beberkan 6 Rahasia Caranya Menghafal




Pada hari Jumat (11/11/2016) kemarin, Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia Depok kedatangan seorang Hafidz Internasional asal Amerika, Fatih Seferagic. Selain bersilaturahmi dengan sejumlah muslim di Indonesia, Fatih juga berusaha berbagi tips atau cara menghafal Al Qur’an yang efektif.

Ingin Bisa Menghafal Al Qur’an? Hafidz Qur’an Fatih Seferagic Beberkan 6 Rahasia Caranya Menghafal

Fatih yang saat itu ditemani oleh pemain film Hamas Syahid membeberkan 7 rahasia cara menghafal Al Qur’an di hadapan hadirin yang sebagian besar adalah akhwat. Dari informasi Pak Adzan Rio, berikut adalah cara Fatih Seferagic menghafal Al Qur’an.

1. Memiliki Seorang Guru

Hal yang sangat mendasar untuk menghafal Qur’an menurut Fatih adalah harus memiliki seorang guru. Nantinya guru bisa mengetahui mana kekuatan dan kelemahan muridnya. Selain itu metode yang diterapkan untuk setiap orang tentu berbeda-beda.

Peran guru menurut Fatih sangat besar pengaruhnya. Guru yang baik bisa merancang tantangan untuk membuat muridnya menjadi lebih meningkat. Namun hal itu juga disesuaikan dengan kemampuan muridnya agar tidak mengalami frustasi.

2. Konsisten Dan Kesabaran

Menurut Fatih kecepatan menghafal setiap orang pasti berbeda sehingga jangan sampai target menghafal menjadi beban. Selain itu jangan paksakan menghafal di awal karena bisa-bisa kesabaran untuk tetap konsisten menjadi surut. Akan lebih baik jika dilakukan sedikit demi sedikit.

3. Pilih Surat Favorit

Fatih menekankan agar setiap orang memiliki surat yang dianggap sebagai favorit atau yang sekiranya dianggap mudah dan isinya berkesan. Fatih sendiri memfavoritkan surat Yusuf karena selain isinya yang mendalam, surat tersebut juga merupakan surat yang pertama ia hafal saat berumur 9 tahun.

4. Dukungan Lingkungan

Semangat untuk menghafal juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Pilihlah lingkungan yang mendukung untuk menghafal seperti pengikuti komunitas penghafal Qur’an ataupun mengkondisikan setiap anggota keluarga saling menghafal Qur’an, sebagaimana yang dilakukan oleh Fatih bersama ayahnya yang seorang Hafidz.

5. Memiliki Tujuan Yang Baik

Dengan memiliki tujuan yang jelas dan terarah, maka proses untuk menujunya akan menjadi lebih mudah dan selalu terpacu guna mencapainya. Fatih sendiri memiliki visi untuk bisa berkontribusi bagi dunia agar lebih damai dengan memasyarakatkan Al Qur’an.

6. Jangan Bosan Mengulang Dan Bertilawah

Fatih juga berpesan agar hafalan yang sudah masuk dalam otak hendaknya terus dihafalkan setiap hari. Namun jika ingin cepat hafal dan akrab dengan Qur’an, lakukan juga tilawah minimal 2 juz perhari. Dengan begitu kalimat-kalimat Al Qur’an menjadi lebih akrab dalam pikiran kita.

Baca Juga:


Itulah 7 rahasia menghafal Al Qur’an Fatih Seferagic yang dibeberkan untuk umat muslim yang ada di Indonesia. Harapannya semoga semakin banyak para penghafal Qur’an yang bisa mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu A’lam





loading...

close ini