Ajak Warga Ramaikan Masjid, Pengurus Masjid Ini Siapkan Makanan Gratis Tiap Jumat




Kondisi umat Islam yang sebagian besar sulit dekat dengan masjid membuat para pengurus masjid berusaha untuk mengajak dengan berbagai cara. Salah satunya yang dilakukan oleh pengurus Masjid Asy Syuhada yang memberikan makanan gratis bagi jamaah usai melaksanakan shalat Jumat.

Program yang dijalankan oleh Masjid yang berada di Kelurahan Berbas Pantai ini memang mendapatkan sambutan baik dari warganya. Awalnya hal ini tercetus dari Ketua Pengurus Masjid, H Kholid Qodir dan makanannya berasal dari warga juga.

Ajak Warga Ramaikan Masjid, Pengurus Masjid Ini Siapkan Makanan Gratis Tiap Jumat
Jamaah masjid Asy syuhada sedang makan usai shalat jumat (Facebook Masjid Asy Syuhada)
“Alasan diadakan kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar warga, membiasakan bersedekah, gemar bawa konsumsi ke masjid walaupun diluar momen Ramadhan. Dari warga untuk warga,” ucap Muhammad Iqbal selaku Sekretaris Takmir Masjid, sebagaimana dikutip dari Klik Bontang, Minggu (6/11/2016).

Program sedekah ini pun dimulai sejak minggu terakhir bulan Juli dan menyeluruh di Kelurahan Berbas Pantai.

“Rata-rata ada sekitar 50 lebih warga yang antusias membawa makanan ke masjid untuk kelancaran kegiatan ini,” tuturnya.

Adapun makanannya tergantung dari warga yang memberi seperti ada yang memberi kolak, kue basah, bubur dan yang lainnya. Sementara untuk pengatur hidangan dan mempersiapkan bagi jamaah dilakukan oleh para guru TPA dan ikatan remaja masjid.

Setelah adanya program tersebut, jamaah setiap hari Jumat selalu ramai dan saldo keuangan masjid pun meningkat. Bahkan warga yang dijadwalkan untuk mengantar makanan begitu antusias.

Dengan program tersebut, bermunculan juga program buka bersama puasa sunnah senin kamis dan momen buka puasa Asyyura beberapa waktu lalu. Program swadaya masyarakat ini pun bertujuan untuk merekatkan tali silaturahmi warga dan sekaligus membudayakan sedekah.
Baca Juga: Masjid Ini Bagikan Kopi Dan Nasi Bungkus Gratis Bagi Yang Sholat Berjamaah Tepat Waktu