6 Fakta Tak Terbantahkan Tentang Api Neraka Ini Membuat Setiap Orang Segera Bertaubat




Manusia yang selama hidupnya melakukan keburukan dan maksiat telah Allah persiapkan tempat di akhirat yang penuh dengan kehinaan berupa neraka. Di dalamnya manusia akan menjalani berbagai hukuman sebagai bentuk akibat dari apa yang ia lakukan selama di dunia.

Salah satu siksaan yang akan diberikan kepada manusia tersebut adalah api yang sangat menyala-nyala. Siksaan tersebut akan terus dikenakan kepada manusia dan tidak akan pernah ada habisnya.

6 Fakta Tak Terbantahkan Tentang Api Neraka Ini Membuat Setiap Orang Segera Bertaubat

Dari sejumlah hadist diketahui bahwa api yang berkobar di dunia ini tak ubahnya bunga api di neraka nanti. Sehingga bisa terbayangkan betapa panasnya api neraka yang akan menyentuh kulit manusia berdosa saat itu.

Berikut adalah 6 fakta tak terbantahkan tentang api neraka yang membuat setiap orang akan segera bertaubat dan takut untuk melakukan dosa yang menjadikan dirinya terjerumus dalam neraka Allah.

1. Panas Api Neraka 70 Kali Api Dunia

Pernahkah merasakan terbakar api di dunia seperti api dari rokok atau korek api? Jika sudah, maka api neraka jauh lebih panas. Bahkan dikatakan bahwa api neraka 70 kali lipat dari panasnya api dunia.

Keterangan ini terdapat dalam hadist dari Abu Hurairah dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Api yang biasa kalian nyalakan merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya neraka jahanam.”

“Ya Rasulullah, demi Allah sungguh api dunia ini benar-benar cukup panas,” ucap para sahabat.

Nabi Muhammad bersabda, “Tetapi sungguh api neraka jahanam enam puluh sembilan kali lebih panas dibandingkan api dunia, yang masing-masing bagian sama panasnya dengan api di dunia.” (HR Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

2. Panas Api Neraka Mengakibatkan Hitam Dan Gelap

Berbeda dengan api dunia yang merah menyala, api di neraka akan hitam karena begitu panasnya. Rasulullah bersabda, “Neraka dinyalakan selama seribu tahun hingga tampak merah. Lalu dinyalakan lagi selama seribu tahun sampai kelihatan putih. Kemudian dinyalakan selama seribu tahun sehingga terlihat hitam. Hingga sekarang neraka itu hitam dan gelap.” (HR Tirmidzi)

3. Ketinggian Api Neraka Yang Bergejolak Capai 40 Tahun Perjalanan

Manusia banyak yang takjub ketika melihat kobaran api yang bergejolak cukup tinggi. Padahal nanti manusia yang berdosa akan melihat gejolak api neraka yang ketinggiannya bisa mencapai 40 tahun perjalanan.

Abu Sa’id Radhiyallahu ‘Anhu berkata, Rasulullah bersabda, “Sungguh tinggi gejolak api itu empat buah tembok yang tebal-tebal. Tinggi masing-msing tembok seperti perjalanan empat puluh tahun.” (HR Tirmidzi)

4. Terdapat Bukit Api Di Neraka

Tak hanya di dunia, di neraka pun terdapat bukit. Namun bukannya menyejukkan, bukit di neraka justru membuat siksaan semakin bertambah karena terbuat dari api. Bukit api bernama Ash Shu-uud itu pun akan ditempati oleh para orang kafir.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Ash Shu-uud adalah sebuah bukit api. Orang kafir menaikinya selama tujuh puluh tahun, kemudian ia terjatuh dari atasnya (lalu naik lagi ke atas dan terjatuh lagi) demikian seterusnya.” (HR Tirmidzi)

5. Uap Panas Neraka Berhembus Ke Dunia

Cuaca panas atau dingin yang ekstrem dan melanda dunia merupakan hembusan uap panas neraka. Jika uapnya saja bisa begitu menyiksa, apalagi panas dan dinginnya neraka.

Keterangan ini terdapat dalam hadist riwayat lima ahli hadist. Rasulullah bersabda, “Neraka mengadu kepada Tuhannya. Ia berkata, ‘Wahai tuhanku, sebagian dariku memakan (membakar) sebagian yang lain.’ Maka Allah ta’ala mengizinkan neraka untuk mengeluarkan uapnya sebanyak dua kali yakni pada musim dingin dan sekali pada musim panas. Uap tersebut adalah rasa panas yang sangat yang kalian rasakan (pada musim panas) dan rasa dingin yang paling menggigit yang kalian rasakan (pada musim dingin).” (HR Lima Ahli Hadist)

6. Bentuk Api Neraka Yang Hidup

Tak hanya bergejolak layaknya sebuah api, namun api neraka juga memiliki bentuk dan salah satunya seperti menyerupai leher yang bermata, bertelinga dan bisa berbicara.

Rasulullah bersabda, “Pada hari kiamat kelak akan muncul dari neraka api yang berbentuk leher. Ia memiliki dua mata yang dapat berbicara. Ia katakan , “Aku ditugaskan mengambil tiga macam orang, yaitu orang yang berlaku sewenang-wenang dan keras kepala, orang yang menyembah Tuhan lain disamping Allah, dan orang yang membuat patung-patung,” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga:


Demikian 6 fakta tak terbantahkan tentang api neraka yang terdapat dalam hadist Rasulullah. Semoga dengan hal tersebut semakin menambah keyakinan kita semua untuk segera bertaubat dan mengisi hari dengan amal shaleh. Wallahu A’lam





loading...