Terlihat Sepele, 5 Kebiasaan Ini Justru Bisa Merenggut Nyawa Secara Perlahan-Lahan




Jangan menganggap segala sesuatu terlihat sepele karena tanpa disadari hal tersebut justru berpengaruh besar dan bisa menimbulkan kejadian yang tidak kita inginkan. Begitu juga dengan 5 kebiasaan ini yang meski terlihat sepele justru bisa merenggut nyawa secara perlahan-lahan.

Terlihat Sepele, 5 Kebiasaan Ini Justru Bisa Merenggut Nyawa Secara Perlahan-Lahan

Memang tidak masuk akal, namun ahli medis telah menyatakan bahwa 5 kebiasaan sepele ini harus diwaspadai jika tidak ingin nyawa terenggut secara perlahan-lahan.

1. Kurang Tidur

Rasulullah telah menganjurkan agar manusia hendaknya menjalankan sunnahnya dan salah satunya adalah tidur dengan cukup. Memang kurang tidur menjadikan kesehatan tubuh menjadi terancam. Badan kaku, sakit kepala dan kecemasan menjadi beberapa akibat dari kurangnya porsi tidur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur yang kurang dari 4 jam setiap harinya bisa berpotensi mengakibatkan penyakit jantung koroner. Dengan kata lain, penyakit ini pun bisa mengurangi umur secara perlahan-lahan.

Jika harus mencari idealnya, maka manusia perlu tidur selama tujuh hingga sembilan jam perhari. Sementara orang yang tidur kurang dari 6 jam berpotensi mengalami stroke, sebagaimana yang dirilis European Heart Journal di tahun 2011.

Karenanya Rasulullah menganjurkan umatnya untuk tidur setelah isya dan bangun pada dini hari untuk melaksanakan tahajud. Sementara sisanya bisa dilakukan saat siang hari atau tidur khailullah.

2. Patah Hati

Bagi para remaja, patah hati menjadi hal yang sudah seringkali dirasakan. Perlu diketahui bahwa patah hati bisa mempengaruhi ventrikel kiri jantung dan memicu stress yang ekstrem. Jika sudah begitu maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Duduk Terlalu Lama

Aktivitas kerja yang mengharuskan duduk terlalu lama juga bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan dan berujung pada terenggutnya nyawa secara perlahan-lahan.

Dalam penelitian dibuktikan bahwa terlalu banyak duduk bisa meningkatkan resiko serangan jantung hingga 54 persen. Hal tersebut sudah dibuktikan dari studi tahun 2009 yang menggunakan sampel 17 ribu orang dengan kebiasaan aktivitas mereka yang lebih banyak duduk.

Bahkan di tahun 2013 terbukti duduk lebih dari 3 jam setiap hari akan menimbulkan gejala kanker dan diabetes. Karenanya jika mengalami aktivitas yang mengharuskan duduk lama, usahakan untuk meregangkan kaki setiap 30 hingga 40 menit sekali.

4. Menatap Layar Komputer Dan TV Yang Menyala

Meski terlihat sepele, aktivitas bekerja di depan komputer ataupun menonton televisi lebih dari empat jam per hari bisa mengakibatkan resiko penyakit kardiovaskular ataupun penyebab penyakit yang sulit untuk diprediksi. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology tahun 2011 menyebutkan bahwa menatap komputer bisa beresiko terkena kerusakan otak.

Bahkan menatap layar yang menyala seperti TV, video game atau komputer bisa mengakibatkan Electronic Screen Syndrome.

5. Terlalu Banyak Tidur

Sama dengan kekurangan tidur, kelebihan tidur juga tidak baik untuk kesehatan dan bisa mengancam nyawa karena berhubungan dengan kinerja jantung.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Norwegia, orang yang tidur lebih dari 9 jam lebih mudah terkena penyakit jantung sebesar 34 persen.

Baca Juga:


Oleh karenanya jangan abaikan kebiasaan yang sepele ini jika tak ingin nyawa terenggut secara perlahan-lahan.





loading...

close ini