Lelah Menjadi Seorang Ibu? Semangatkan Kembali Dengan 6 Cara Ini




Wanita yang telah dewasa akan menghadapi takdir menjadi seorang ibu ketika telah menemukan pasangan dan dikaruniai anak. Bukannya berkurang, peran seorang ibu akan semakin bertambah dari hari ke hari. Jika sudah begitu, semangat berumah tangga perlahan-lahan mulai menurun dan bahkan mengurus diri sendiri pun terlupakan.

Akhirnya kelelahan demi kelelahan menghantui pikiran dan hati seorang ibu. Untuk bisa memejamkan mata dan memberhentikan pikiran dari masalah rumah tangga sungguh terasa sulit. Terlebih dengan anak yang terus ingin ibunya tetap terjaga.

Lelah Menjadi Seorang Ibu? Semangatkan Kembali Dengan 6 Cara Ini

Lantas apa yang harus dilakukan seorang ibu untuk menyemangati kembali fisik dan pikiran yang telah lelah tersebut?

1. Keputusan Menjadi Seorang Adalah Keputusan Yang Berani

Meski wanita ditakdirkan untuk menjadi seorang ibu, tak sedikit dari mereka yang enggan untuk memposisikan dirinya sebagai ibu rumah tangga ataupun enggan mengambil langkah tersebut.

Sebagian laki-laki memang tidak mengerti betapa besar arti menjadi seorang ibu. Padahal sosok ibu merupakan penumbuh seorang manusia yang kelak akan hidup dalam kemandirian dan seutuhnya.

Karenanya langkah memutuskan menjadi ibu merupakan langkah seorang pejuang dan manusia yang berdaya.

2. Belajar Untuk Fokus Dengan Pilihan Hidup

Rasa lelah menjadi seorang ibu bisa karena terbaginya pikiran antara mengurus anak dengan keinginan untuk bisa menjadi wanita karir. Jika pun dijalani secara bersamaan, yang ada salah satunya tidak akan berhasil dengan baik atau bahkan justru hancur dua-duanya.

Karenanya fokuslah dengan sebuah pilihan apakah itu mengurus anak ataukah ingin bekerja di luar. Jika pun ingin bekerja, maka maksimalkan pengasuhan anak, entah bekerjasama dengan suami ataupun mempekerjakan pengasuh anak yang profesional.

Tak jarang pula saat ini ada yang memilih untuk berada di rumah ketika anak-anak membutuhkan dan akan kembali bekerja di luaran ketika kondisi sudah kondusif. Yang jelas semua harus ditentukan dan fokus. Jangan sampai kelelahan yang dihasilkan tak membuahkan keberhasilan apapun, meski hanya berupa pujian.

3. Mengatur Waktu Untuk Sendiri (Me-Time)

Aktivitas seorang ibu rumah tangga sebagian besar bersifat monoton dan tak pernah berhenti. Biasanya hal tersebut akan memunculkan rasa lelah, baik fisik maupun batin. Belum lagi waktu untuk beristirahat yang tidak pernah dirasa cukup setiap harinya karena harus menyiapkan segala sesuatu sejak pagi dan membereskannya di akhir hari.

Karenanya berikanlah waktu untuk pribadi (Me-Time) dengan hal yang menyenangkan seperti melakukan hobi yang disukai, melakukan perjalanan spiritual atau sekedar bersilaturahmi dengan sahabat. Biasanya aktivitas tersebut bisa mengaktifkan kembali mood dan menambah semangat dalam menjalani hari-hari berikutnya.

Guna bisa memaksimalkan Me-Time, mintalah suami atau keluarga terdekat untuk sejenak dititipi anak. Bisa juga dengan menitipkannya kepada jasa penitipan anak yang profesional.

4. Mempelajari Dan Mempraktekkan Teknik Relaksasi

Beberapa cara untuk bisa menghilangkan kelelahan dan mengembalikan semangat adalah dengan mengetahui berbagai macam teknik relaksasi. Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan dzikir guna menenangkan pikiran dan tidur yang berkualitas.

5. Berhenti Memfokuskan Pikiran Tentang Beres-Beres Rumah

Fokus yang terbagi antara anak dan kondisi rumah bisa membuat kelelahan yang cukup berat, baik fisik maupun pikiran. Meski sebagian ibu rumah tangga ada yang tidak suka jika rumahnya berantakan, namun jika terlalu fokus untuk membereskannya justru akan membuat tubuh terasa lelah ketika harus fokus pada hal yang utama yakni anak-anak.

Jalan keluarnya adalah dengan merencanakan kegiatan di dalam rumah dengan teratur dan tidak selalu dilakukan setiap hari. Jika memungkinkan gunakan jasa orang lain agar bisa tetap fokus kepada anak, namun pekerjaan seperti mencuci maupun memasak bisa selesai juga.

6. Semua Pasti Akan Ada Akhirnya

kelelahan yang dihadapi pasti akan ada akhirnya dan tidak selama. Anak akan ada masanya beranjak remaja ataupun dewasa. Karenanya jika peran ibu sungguh-sungguh dilakukan, maka hasilnya pun akan baik.

Baca Juga:


Itulah cara untuk bisa mengembalikan semangat ketika seorang ibu merasa lelah dengan rutinitasnya mengurus anak. Yang terpenting adalah jangan sampai sosok ibu di hadapan anak menjadi hilang lantaran sibuk dan lelah mengurus pekerjaan rumah.





loading...

close ini