Lantaran Sering Mencabut Bulu Hidung, Bagian Mulut Dan Hidung Pria Ini Membusuk




Sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang untuk menjaga kebersihan diri, termasuk salah satunya adalah membersihkan bagian lubang hidung. Tak hanya itu, sebagian masyarakat juga seringkali mencabut bulu hidung lantaran dianggap sudah terlalu panjang dan kurang terlihat rapi.

Lantaran Sering Mencabut Bulu Hidung, Bagian Mulut Dan Hidung Pria Ini Membusuk
Mahmudi alami penyakit aneh, mulut dan hidung membusuk (Eberita.org)
Namun aktivitas tersebut ternyata membuat salah seorang warga Desa Talang Ubi Sumatera Selatan mengalami penyakit yang aneh. Pria bernama Mahmudi (38 tahun) tersebut mengalami pembusukan di bagian hidung dan mulut dalam kurun 3 tahun terakhir lantaran sering mencabut bulu hidung.

Mahmudi mengakui bahwa dari mulut dan hidungnya keluar bau busuk akibat penyakitnya tersebut. Awalnya ia selalu mengorek hidungnya guna menghilangkan kotoran yang ada di dalam. Selain itu ia juga senang mencabut bulu hidungnya yang memanjang.

Namun setelah itu ia kemudian mengalami pilek dan mengeluarkan nanah dari hidungnya.

“Dulu saya sering mengupil dan mencabut bulu hidung setiap hari, kadang menggunakan gunting. Tapi sudah tiga tahun ini, saya mengalami penyakit ini,” ucap Mahmudi, sebagaimana dikutip dari Eberita, Jum’at (14/10/2016).

Karena penyakitnya cukup beresiko dan tidak biasa, Mahmudi kemudian mencari pengobatan seperti menggunakan obat tradisional dan juga pergi ke rumah sakit. Tapi tetap saja penyakitnya tidak sembuh-sembuh.

Dengan kondisi yang demikian, ayah dari dua anak ini hanya bisa tinggal di dalam rumah dan tidak bekerja. Sementara untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, istrinyalah yang bekerja menjadi pedagang es keliling.

“Saya sudah tiga tahun ini tidak bisa bekerja. Sekarang hanya istri yang berjualan es keliling dengan penghasilan tidak seberapa, sedangkan anak-anak masih sekolah dan butuh biaya. Jangankan untuk mengobati sakit saya, untuk makan saja uang kami pas-pasan,” tutur Mahmudi.

Setelah kisah Mahmudi ramai menjadi pemberitaan lokal, pihak kedokteran kemudian berinisiatif untuk memeriksa kondisi penyakit yang diderita Mahmudi. Dokter bernama Dr Zamir dan Dr Hasbiallah Yusup yang datang ke rumah Mahmudi kemudian mendapatkan kesimpulan sementara bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit kanker.

“Dilihat dari lukanya, kuat dugaan penyakit yang dialami Mahmudi ini adalah penyakit kanker. Kami harus membawanya ke klinik untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika terbukti itu adalah kanker, kami akan kirim ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan,” ucap Dr Zamir.

Tak hanya Mahmudi saja, kedua dokter tersebut juga menganjurkan istri dan anak Mahmudi agar diperiksa guna mencegah penularan penyakit tersebut.

Baca Juga: