Lakukan Perbuatan Ini di Bulan Muharram, Dosanya Berlipat Ganda!




Bulan Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam bahkan sering disebut sebagai Syahrullah atau Bulan miliknya Allah. Di bulan ini Allah melimpahkan keberkahan dan kemuliaannya jauh lebih besar daripada bulan-bulan yang lain. Maka, sebagai mukmin kita harus mampu memanfaatkan bulan Muharram ini dengan sebaik-baiknya.

Lakukan Perbuatan Ini di Bulan Muharram, Dosanya Berlipat Ganda!


Ketika kita melakukan suatu amalan kebaikan, maka insya Allah akan dilipatgandakan. Tentu, hal ini juga terjadi di bulan lain selain Muharram. Bedanya, jika di bulan lain melakukan perbuatan maksiat dihitung satu dosanya, nah di bulan ini, dosanya jauh lebih besar.

Seperti pernah dijelaskan oleh Imam Qatadah Rahimahullaah, bahwa kedzaliman yang dilakukan di bulan-bulan haram lebih besar dosanya daripada berbuat dzalim di selain bulan tersebut.

Meskipun perbuatan dzalim (dosa) merupakan dosa besar, namun Allah melebihkan perkara sesuai dengan kehendak-Nya. Sebagaimana Allah telah memilih hamba-hamba pilihan dari makhluk-Nya: Dia telah memilih beberapa hambaNya sebagai nabi dan rasul, Dia memilih dari beberapa kalam-Nya sebagai bahan untuk mengingat-Nya. Dia telah memilih dari beberapa tanah di bumi ini sebagai masjid. Dia juga telah memilih bulan Ramadhan dan bulan-bulan haram dari beberapa bulan yang ada sebagai bulan yang dimuliakan. Dia telah memilih hari Jum’at dari sejumlah hari dan Dia telah memilih Lailatul Qadar dari beberapa malam sebagai satu malam yang agung.

Maka agungkanlah apa yang telah Dia agungkan, karena sesungguhnya mulia dan agungnya sesuatu tergantung pada pengagungan Allah terhadapnya pada sisi orang yang paham lagi berakal,” (Ringkasan Tafsir QS. Al-Taubah: 36 dari Tafsir Ibnu Katsir).

Oleh karenanya, sesuai penjelasan Imam Qatadah dari tafsir Ibnu Katsir diatas, dapat kita ketahui bahwa jika kita berbuat dzalim di bulan ini, maka balasannya akan berlipat ganda, layaknya pahala yang dilipatgandakan.

Jika kita tak ingin memperoleh siksaan yang amat pedih akibat berbuat dosa di bulan ini, maka jangan sampai kita melakukannya. Jagalah diri kita dari perbuatan dzalim dan maksiat yang lain.

Larangan berbuat dosa di bulan Muharram, bukan berarti kita diperbolehkan melakukannya di bulan lain. Tentu saja, perbuatan maksiat itu dilarang. Melakukan perbuatan itu di bulan lain juga akan memperoleh ganjarannya. Namun, jika sampai melakukan perbuatan terlarang di bulan ini, maka ganjarannya akan dilipatgandakan.

Wallahu A'lam.




loading...

close ini