Kamar Kosong Akan Diisi Oleh Jin, Benarkah?




Sebagian orang saat ini terkadang memiliki rumah dengan banyak kamar. Tujuannya guna mempersiapkan untuk tamu ataupun untuk anggota keluarga yang mungkin akan bertambah. Tak hanya itu saja mereka yang anak-anaknya sudah berumah tangga dan pindah ke rumah lain pun pasti memiliki kamar yang tidak ditinggali.

Kamar Kosong Akan Diisi Oleh Jin, Benarkah?

Hal ini tentu menimbulkan sejumlah tanda tanya, benarkah kamar kosong akan diisi oleh jin?
Keyakinan masyarakat umum memang mengatakan demikian lantaran dalam kamar tersebut tidak ada interaksi manusia sehingga kemungkinan jin yang akan menempatinya.

Ketahuilah bahwa jin akan hidup dimana saja, bahkan yang ditempati oleh manusia sekalipun . Dengan kata lain mereka akan tinggal bersama dan menikmati fasilitas apa yang kita miliki.

Hal ini sesuai dengan apa yang Allah sebutkan dalam Al Qur’an bahwa ketika iblis telah membangkang, ia dipersilakan beserta dengan keturunannya dari kalangan jin untuk hidup bergabung bersama manusia.

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ وَأَجْلِبْ عَلَيْهِمْ بِخَيْلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِكْهُمْ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ وَعِدْهُمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلَّا غُرُورًا

“Hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan bergabunglah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka.” (QS. al-Isra’: 64)

Namun meski bersama, tetap manusia tidak mampu melihat mereka lantaran berbeda alam. Dan memang lebih baik memang tidak perlu ingin melihatnya karena justru hanya akan menjadi masalah.

Perlu diketahui bahwa ada berbagai tempat yang disenangi oleh jin di dalam rumah yakni toilet dan tempat yang terdapat najis. Memang jin sangat menyukai tempat yang kotor dan berbau tak sedap, sebagaimana hadist dari Zaid bin Arqam Radhiyallahu ‘Anhu.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya tempat buang air ini dikerumuni setan.” (HR Ahmad dan Abu Daud).

Sementara tempat yang akan dijauhi oleh jin adalah tempat yang dibacakan Al Qur’an di dalamnya. Terlebih jika membaca surat Al Baqarah.

“Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR Muslim)

Lantas jika bertanya tentang kamar kosong akan ditempati oleh jin, hal tersebut tidak ada dalam keterangan dari Allah maupun Rasul-Nya. Yang jelas isilah rumah dengan bacaan Al Qur’an dan jauh lebih baik untuk mengisi setiap ruangan atau kamar dengan bacaan kalamullah tersebut agar dijauhi jin. Wallahu A’lam

Baca Juga:







loading...

close ini