Agar Makanan Lebih Berkah, Ikutilah 6 Adab Dalam Memasak Ini




Sebenarnya memasak merupakan kegiatan yang mengasyikan. Karena yang hobi melakukan pekerjaan dapur ini bukan hanya kaum wanita, Namun kaum pria pun juga berlomba-lomba menjadi tukang masak hebat.

Agar Makanan Lebih Berkah, Ikutilah 6 Adab Dalam Memasak Ini


Kalimat pujian yang meluncur dari mulut pasangan terhadap hasil masakan akan menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi mereka yang hobi memasak. Tentunya bisa memotivasi seseorang untuk membuat hidangan enak dari dapur mereka.

Sebenarnya dalam Islam sendiri memasak juga bisa mendatangkan pahala jika sesuai dengan adab-adab yang syar'i. Karena bukan hanya menghasilkan masakan yang enak, namun juga bisa mendatangkan keberkahan terhadap makanan yang dimasak. Berikut 6 adab dalam memasak agar makanan berkah.

1. Berwudhu Sebelum Memasak

Adab pertama yang harus dilakukan ketika akan memasak adalah berwudhu sebelum memulai aktifitas memasak. Selain dihitung sebagai amalan sunnah, berwudhu dari segi media juga akan membuat tubuh kita bersih sebelum memasak. Hasilnya, kuman-kuman yang ada di tubuh tidak masuk ke masakan yang sedang dibuat.

Bukankah Rasulullah SAW juga mengajarkan kita agar selalu dalam keadaan bersih. Maka sebaiknya kita berwudh dulu sebelum memulai untuk memasak.


2. Melaksanakan Shalat Sunah Dua Rakaat

Pasti Anda akan menilai bahwa ini adalah tindakan yang ribet. Mau masak kok pakai acara shalat dulu.

Namun apalah arti makanan yang kita makan jika tidak ada keberkahan di dalamnya. Baik dari cara mendatangkannya maupun cara mengolahnya.

Dengan salat dua rakaat sebelum memasak, Insya Allah, Dalam makanan yang akan disajikan penuh dengan keberkahan. Jika salat dua rakaat menjadi sebuah kebiasaan, rasanya kegiatan tersebut bukan sebuah keribetan.

3. Membaca Doa Ketika Masuk Ke Dapur 

Adab selanjutnya adalah membaca doa sebelum masuk dapur. Berikut contoh doa yang bisa anda baca saat akan masuk ke dapur dan mulai memasak.

“Robbanaaa Aatinaa mil ladunka rohmatan wahai yik lanaa min amrinaa rosyadaa.”

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami rahmat yang besar dari sisiMu dan persiapkanlah petunjuk untuk kami terhadap urusan kami.”

4. Membaca Basmalah Ketika Akan Memegang Bahan dan Alat Masak

Dalam berbagai aktifitas kebaikan, disunahkan untuk mengucap basmalah, Begitupun ketika sedang mengerjakan aktifitas di ruang dapur. Seperti ketika ingin memegang alat masak serta bahan-bahan makanan.

Misalnya saja ketika membuka panci, mencuci beras, mencuci sayuran, ikan atau daging.

Biasakan untuk mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim” dalam setiap melakukan pekerjaan, Insya Allah pekerjaan tersebut akan diberkahi oleh Allah dan juga bernilai ibadah.

Anjuran ini pun pasti terlihat sangat ribet bukan? Kebanyakan berpikir bukankah sulit jika harus memasak dan berdoa juga. Namun kenyataannya kita masih bisa bergosip saat memasak. Ini artinya, kita bisa berdoa disela-sela memasak tersebut.

5. Mengaduk Makanan Dari Arah Kanan Ke Kiri

Ternyata mengaduk masakan juga ada adabnya. Ya, Islam mengajarkan untuk mendahulukan bagian kanan daripada bagian kiri, Begitu pula ketika sedang memasak, Sebaiknya kita mengaduk makanan dari kanan ke kiri.

6. Melantunkan Shalawat dan Istigfar 

Saat memasak kita juga dianjurkan untuk membaca shalawat dan istigfar sebanyak tiga kali. Hal ini dilakukan agar makanan lebih lezat dan berkah.

Segera praktekkan dan rasakan perbedaannya!





loading...

close ini