Tubuh Merasa Lelah? Kembalikan Semangat Beraktivitas Dengan Dzikir Ini




Setiap manusia yang hidup di dunia akan merasakan lelah. Tak hanya karena bekerja, namun menuntut ilmu ataupun membereskan rumah pun bisa menjadi kelelahan yang teramat sangat. Jika sudah begitu maka tubuh seakan terasa berat untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Namun apakah kita harus berkeluh kesah dengan semua kelelahan itu ataukah berhenti dari aktivitas yang dianggap melelahkan tersebut?

Tubuh Merasa Lelah? Kembalikan Semangat Beraktivitas Dengan Dzikir Ini

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Fatimah, putri Nabi menyampaikan keluh kesahnya dalam bekerja kepada sang suami, Ali bin Abi Thalib. Baginya menggiling gandum saat itu begitu terasa berat sehingga membuat tangannya bengkak dan perih.

Suatu ketika Fatimah mendengar bahwa Rasulullah memiliki seorang budak dan ia pun lantas mendatangi rumah ayahnya tersebut agar ayahnya mengizinkan budak tersebut untuk membantunya menggiling gandum. Namun ternyata Rasulullah tidak ada di tempat dan hanya ada Ummul Mukminin Aisyah. Fatimah kemudian mengutarakan keinginannya kepada Aisyah.

Setelah Rasulullah kembali ke rumah Aisyah, sang istri kemudian menceritakan bahwa Fatimah tadi datang meminta budak untuk membantunya menggiling gandum yang terasa sangat berat dijalani sendirian. Mendengar hal tersebut, Rasulullah kemudian mendatangi rumah Fatimah.

Saat itu Rasulullah mendapati Ali dan Fatimah sedang berbaring kelelahan di tempat tidurnya. Melihat orangtuanya, keduanya pun lantas hendak berdiri, namun Rasulullah memerintahkan untuk tetap diam di tempat.

Rasulullah kemudian bertanya, “Maukah kutunjukkan kalian kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?”

Rasulullah kemudian bersabda, “Jika kalian berbaring diatas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir 33 kali, tahmid 33 kali dan tasbih 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta.” (HR Bukhari Muslim)

Dengan wirid tersebut Rasulullah berharap agar anaknya bisa menjadi lebih dekat kepada Allah dan bertawakal kepada-Nya.

Hal yang sama dituturkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang menyatakan bahwa siapa saja membaca dzikir tersebut, maka tidak akan merasakan kelelahan.

Sementara Al Hafidz Ibnu Hajar menyatakan bahwa siapa yang membaca wirid tersebut maka tidak akan merasakan kerugian dalam pekerjaannya. Selain itu pekerjaannya akan terasa ringan dan tidak melelahkan. Wallahu A’lam

Baca Juga:







loading...

close ini