Sedang Berada Di Madinah? Jangan Lupa Ziarah Ke Makam-makam Ini




Apakah Anda sedang berada di kota Madinah? Jika iya, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berziarah ke makam-makam orang yang pernah berjasa dalam sejarah perjuangan Islam.

Sebagaimana kita ketahui, Madinah merupakan kota bersejarah kedua setelah Makkah yang ramai dikunjungi kaum muslimin, Baik jamaah haji maupun umroh berduyun-duyun mengunjungi kota yang paling dicintai Nabi ini setiap tahunnya.

Sedang Berada Di Madinah? Jangan Lupa Ziarah Ke Makam-makam Ini


Ketika mengunjungi kota Madinah, umumnya jamaah akan mengunjungi tempat-tempat yang dianggap memiliki fadhilah dan pahala besar sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW.

Tempat-tempat tersebut antara lain Masjid Nabawi, Masjid Quba dan Raudhah. Selain tempat-tempat tersebut, jamaah juga berziarah ke makam-makam penting di kota Madinah, termasuk makam Nabi Muhammad SAW.

Tak cuma makam Nabi Muhammad, adapula makam dari sahabat dan keluarga Nabi, para syuhada dan orang-orang shaleh lainnya yang pernah ditulis dengan tinta emas sejarah Islam.

Untuk lebih jelasnya, berikut Kabarmakkah.com rangkumkan beberapa makam yang biasa diziarahi ketika berada di Madinah:

1. Makam Nabi Muhammad dan Dua Sahabat Terdekat Beliau

Sedang Berada Di Madinah? Jangan Lupa Ziarah Ke Makam-makam Ini
Pintu masuk ke Makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, Madinah.


Di komplek Masjid Nabawi terdapat makam Nabi Muhammad, Abu Bakar As Shiddiq, dan Umar bin Khattab. Jika Anda berada di luar masjid Nabawi, sebelah timur, maka posisi makam Rasulullah dan kedua sahabat berada tepat di bawah kubah hijau.

Makam Nabi saat ini sudah ditutup dengan beton persegi yang dinding luarnya diukir. Bangunan pelindung tersebut bersatu dengan pelindung makam Abu Bakar As Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Berziarahlah kesana, Sampaikan sholawat dan salam pada beliau shallallahu alaihi wasallam dan juga terhadap dua sahabatnya yang mulia.

2. Makam Baqi

Sedang Berada Di Madinah? Jangan Lupa Ziarah Ke Makam-makam Ini
Makam Baqi


Komplek Pemakaman Baqi terletak di sebelah tenggara Masjid Nabawi Madinah dan merupakan pemakaman tertua yang sudah ada sejak zaman jahiliyah hingga sekarang.

Di sana terdapat makam para sahabat dan keluarga Rasulullah SAW, antara lain para istri Nabi yakni Sayyidah Aisyah RA, Ummi Salamah, Juwairiyah, Zainab, Hafsah binti Umar bin Khattab, dan Mariyah Al Qibtiyah.

Kemudian terdapat pula makam putra-putri Rasulullah yakni Ibrahim, Fatimah, Zainab binti Ummu Kulsum. Adapula makam paman Nabi yaitu Abbas bin Abdul Muthalib dan para sahabat Nabi seperti Utsman bin Affan, Abu Ummah, Hasan bin Zarrah dari kaum Anshar dan Usman bin Maz'un dari Muhajirin.

Para jamaah haji dan umrah yang meninggal di Madinah dulunya dimakamkan di sini. Namun sejak tahun 2008 tidak lagi. Jamaah yang wafat akan dimakamkan di luar kota Madinah.

Jangan kaget saat memasuki Komplek Pemakaman Baqi. Makam-makam di sini sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Makam tidak dibentuk menyerupai bangunan apapun, tidak pula dipasangkan nisan bertulis. Hanya ada seonggok batu saja sebagai tanda bahwa area tersebut adalah makam.

Sebagai catatan, di pemakaman Baqi ini hanya jamaah laki-laki yang diizinkan memasukinya. Sementara jamaah perempuan tidak diperbolehkan, hanya bisa berziarah dari luar area makam.

3. Makam Para Syuhada Uhud

Bukit Uhud terletak sekitar 5 km dari Masjid Nabawi Madinah. Di tempat inilah pernah terjadi peperangan antara kaum Muslimin generasi pertama dengan kaum kafir Quraisy Makkah. Sekitar 70 orang dari kaum muslimin mati syahid dalam perang Uhud tersebut, termasuk paman Nabi Muhammad SAW, Sang Singa Padang Pasir, Sayyidina Hamzah RA.

Sedang Berada Di Madinah? Jangan Lupa Ziarah Ke Makam-makam Ini
Makam Para Syuhada Perang Uhud


Syuhada yang gugur pun dimakamkan di Jabal Uhud. Disunnahkan ketika berziarah ke tempat ini untuk memberi salam kepada para syuhada Uhud dan mendoakannya.

Baca Juga:




(Berbagai sumber)




loading...