Sebelum Berangkat Shalat Idul Adha, Kerjakanlah Beberapa Hal Ini




Tak terasa, hanya tinggal beberapa menit lagi kita akan bertemu dengan hari raya Idul Adha. Hari Raya umat Muslim selain Idul Fitri. Di mana hari ini seluruh umat Muslim berkumpul bersama dalam satu tempat untuk melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah. Shalat apa? Tentunya shalat hari raya Idul Adha, yang memang selalu dilakukan oleh seluruh muslim di dunia.

Sebelum Berangkat Shalat Idul Adha, Kerjakanlah Beberapa Hal Ini


Ketika ada kesempatan dan kita mampu melaksanakannya, maka pergilah untuk melaksanakan shalat Idul Adha. Hanya saja, ada etika tersendiri yang perlu kita lakukan sebelum melaksanakannya. Apakah itu?

Sebelum pergi melaksanakan shalat Idul Adha, kita dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Ya, tentu mandi atau membersihkan diri perlu kita lakukan. Karena, tak mungkin kita akan menghadap kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam keadaan kotor. Mandilah dengan sebaik-baiknya mandi, yakni dengan berdoa sebelum mandi agar bukan hanya raga saja yang bersih, melainkan jiwa pun bersih.

Tak lupa, gunakanlah wewangian dan pakaian yang paling bagus yang dimiliki. Karena Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu berkata, “Rasulullah memerintahkan kita di dua hari raya mengenakan pakaian terbagus yang kita miliki, mengenakan parfum terbaik yang kita miliki, dan berkurban dengan apa saja yang paling bernilai yang kita miliki,” (Diriwayatkan oleh Al-Hakim).

Rasulullah mengenakan kain burdah yang bagus pada setiap hari raya. (Diriwayatkan Imam Syafi’i)

Baca Juga: Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

Nah, hal-hal itu sangat penting sekali untuk diperhatikan. Mengingat, hari raya itu berarti hari kemenangan bagi umat Muslim. Maka, tampillah lebih baik daripada biasanya. Tetapi, jangan sampai memberatkan, apalagi harus memaksa baju baru, padahal keadaan finansial belum memadai. Pakailah pakaian terbaik yang Anda punya sekarang ini.




loading...