Inilah Enam Bentuk Syafaat Rasulullah Yang Dirindukan Umat Islam Di Akhirat Kelak




Iman kepada hari akhir merupakan bagian dari rukun iman yang mutlak tertanam dalam setiap diri umat Islam. Dengan kata lain, setiap apa yang berhubungan dengan kejadian hari akhir atau kiamat pun sudah semestinya diyakini tanpa ada keraguan.

Inilah Enam Bentuk Syafaat Rasulullah Yang Dirindukan Umat Islam Di Akhirat Kelak

Salah satunya adalah mengenai syafaat yang diberikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada umat Islam yang berhak memperolehnya. Tentunya syafaat Rasulullah sendiri tidak mampu diberikan tanpa ada izin dari Allah Ta’ala karena Allah sajalah yang berhak memberikan keselamatan seseorang di dunia maupun di akhirat.

Mengenai bentuk syafaat yang akan diterima oleh seorang muslim di hari akhir ataupun saat di akhirat, Ibnul Qayyim menerangkan bahwa ada enam bentuk syafaat Rasulullah yang akan diterima oleh seorang muslim. Hal ini dituturkan dalam kitab Fath Al Majid karangan Syaikh Abdurrahman bin Hasan Rahimahullah.

Apa saja enam bentuk sayafaat Rasulullah tersebut?

1. Syafaat Al Kubra (Syafaat Yang Besar) Untuk Semua Manusia

Syafaat ini diberikan oleh Nabi Muhammad ketika para nabi yang lain tidak mampu memberikan syafaat kepada manusia. Saat itu keadaan manusia akan mendatangi para nabi untuk meminta agar diringankan terhadap penderitaan mereka di Padang Mahsyar. Dan hanya Nabi Muhammad saja yang bisa memberikan syafaat saat itu.

2. Syafaat Untuk Calon Penghuni Surga Agar Dimudahkan Masuk Ke Dalamnya

Bentuk syafaat ini tertera dengan jelas dalam hadist yang cukup panjang riwayat Bukhari Muslim. Dengan kata lain syafaat ini merupakan bentuk kasih sayang Rasulullah kepada umatnya yang berusaha dan bersabar dalam melakukan amal shaleh selama di dunia.

3. Syafaat Rasul Untuk Umatnya Yang Akan Masuk Neraka

Bentuk kasih sayang Rasulullah terhadap umatnya juga dibuktikan dengan adanya syafaat bagi pelaku maksiat yang harusnya masuk dalam neraka. Karena syafaat Rasulullah tersebut, pelaku maksiat yang masih memiliki kebajikan pun tidak masuk ke dalamnya.

4. Syafaat Rasulullah Untuk Pemeluk Agama Tauhid Yang Durhaka Atas Dosanya

Hadist yang menyatakan hal ini bersifat mutawatir dari Rasulullah. Telah bersepakat para shahabat dan ahlussunnah bahwa siapa yang tidak mempercayai akan hal tersebut dianggap sebagai orang yang sesat.

5. Syafaat Rasulullah Untuk Penghuni Surga Agar Ditambahkan Nikmat Dan Derajatnya

Syafaat Rasulullah ini hanya akan didapat bagi mereka yang benar-benar ikhlas dan tidak mencari perlindungan serta pertolongan selain kepada Allah semata, sebagaimana firman-Nya.

“Peringatkanlah dengannya (Al Qur’an) itu orang yang takut akan dikumpulkan menghadap Tuhannya (pada hari kiamat), tidak ada bagi mereka pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah, agar mereka bertakwa.” (QS Al An’am 51)

6. Syafaat Rasulullah Kepada Keluarganya Yang Belum Memeluk Islam Namun Memiliki Kecintaan Terhadapnya.

Baca Juga:


Semoga Allah senantiasa memberikan pertolongan kepada kita semua di dunia maupun di akhirat kelak lewat ampunan-Nya serta syafaat Rasul-Nya. Aamiin






close ini