Inilah Bentuk-Bentuk Nikmat Kubur Yang Allah Perlihatkan Kepada Penghuninya




Sebelum manusia bisa merasakan kenikmatan yang ada di surga, Allah akan memberikan kenikmatan dahulu sejak masih dalam kubur. Hal itu pun hanya berlaku bagi mereka yang beriman dan beramal sholeh.

Inilah Bentuk-Bentuk Nikmat Kubur Yang Allah Perlihatkan Kepada Penghuninya

Lantas apa saja bentuk-bentuk nikmat kubur yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang sholeh tersebut?

1. Allah Luaskan Kuburnya, Diperlihatkan Keindahan Surga Dan Didatangi Sosok Yang Rupawan

Salah satu kenikmatan yang Allah berikan sejak di alam kubur adalah diluaskan kuburnya. Namun bukan kubur yang terlihat di dunia, melainkan hal tersebut hanya terjadi di alam kubur dan hanya Allah saja yang mengetahui keadaannya. Selain itu Allah juga akan memperlihatkan pemandangan di surga yang membuat penghuni alam kubur pun ingin segera bisa masuk ke dalamnya.

Keterangan yang memuat bentuk nikmat surga ini adalah dalam Hadist Al Bara’ dimana Rasulullah bersabda,

“Maka gelarlah permadani dari surga, dandanilah ia dengan pakaian dari surga. Bukakanlah baginya sebuah pintu ke surga, maka sampailah padanya wangi dan keindahannya. Dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang. Kemudian datang kepadanya seorang yang tampan wajahnya, bagus pakaiannya dan wangi baunya,” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

2. Ruhnya Dikumpulkan Bersama Dengan Orang Mukmin

Selain diluaskan kuburannya dan diperlihatkan kenikmatan di surga, Allah juga akan memberikan kenikmatan bagi orang yang sholeh dengan dikumpulkan bersama para mukminin atau orang yang beriman.

Dari Hasan ia berkata, bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Apabila seorang hamba mukmin meninggal dunia, maka ruhnya bertemu dengan ruh orang yang beriman.” (HR Hakim)

3. Senantiasa Memperoleh Rezeki

Banyak yang mengira bahwa kematian akan memutuskan rezeki yang Allah berikan. Padahal bagi orang yang beriman, Allah akan tetap mengucurkan rezekinya seperti halnya kepada muslim yang mati syahid.

Allah Ta’ala berfirman:

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhan mereka dengan mendapat rezeki.” (QS Ali Imran 169)

Itulah beberapa bentuk nikmat kubur yang telah disebutkan dengan jelas dalam Al Qur’an maupun hadist. Semoga dengan mengetahui kenikmatan tersebut, kita menjadi lebih bersemangat meraih ridho Allah dengan cara melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala laranganNya. Wallahu A’lam

Baca Juga: