Ini 10 Sunnah Nabi Paling Utama Yang Bisa Kita Amalkan Setiap Hari




Nabi Muhammad sesungguhnya telah menitipkan kepada umat Islam agar senantiasa mengamalkan berbagai sunnahnya sebagai bentuk kecintaan kepada Allah maupun Rasul-Nya. Tak hanya itu saja, amalan sunnah juga menjadikan kehidupan seorang muslim lebih bermakna dan bermanfaat.

Ini 10 Sunnah Nabi Paling Utama Yang Bisa Kita Amalkan Setiap Hari

Dari sekian amalan sunnah Nabi yang telah dipaparkan dalam Al Qur’an maupun Al Hadist, terdapat 10 sunnah Nabi yang paling utama dan bisa kita amalkan setiap harinya.

1. Tahajjud

Salah satu shalat sunat yang tidak pernah dilalaikan oleh Rasulullah adalah shalat tahajjud. Bahkan dari beberapa keterangan shalat malam tersebut begitu dianjurkan untuk diamalkan setiap hari. Selain menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa, melaksanakan shalat tahajjud juga akan menjadikan kita pribadi yang dekat kepada Allah Ta’ala.

2. Membaca Al Qur’an

Al Qur’an merupakan pedoman hidup umat muslim yang senantiasa harus dibaca dan direnungkan isinya serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu membaca Al Qur’an juga menjadi sunnah Nabi yang akan membawanya menuju syafaat dari Allah melalui Al Qur’an.

3. Berdzikir Setelah Shalat

Sunnah Nabi yang dilakukan setelah shalat fardhu adalah dengan mendawamkan bacaan dzikir diantaranya tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda, “Barangsiapa bertasbih setelah shalat 33 kali, dan bertahmid 33 kali dan bertakbir 33 kali, maka jumlahnya menjadi 99 kali. Kemudian mengucapkan 1 kali (Laailaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa alaa kulli syai’in qadir), niscaya diampuni kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR Muslim)

4. Melaksanakan Sholat Sunat Rawatib

Selain melaksanakan shalat fardhu, seorang muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunat rawatib sebelum atau sesudahnya. Tak hanya menjadi penyempurna shalat fardhu, shalat sunat rawatib juga menjanjikan kemuliaan dan pahala yang besar.

5. Dzikir Pagi Dan Petang

Amalan sunnah nabi paling utama selanjutnya adalah membaca dzikir setiap pagi dan petang, bagaimana firman Allah dalam Al Qur’an.

“Dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS Al Arof 205).

Dengan berdzikir juga, aktivitas yang akan dijalani menjadi lebih semangat serta dimudahkan Allah Ta’ala.

6. Berjamaah Sholat Di Masjid Bagi Laki-Laki

Dalam hidup Rasulullah, shalat wajib berjamaah menjadi amalan yang tidak pernah terlewatkan. Selain pahalanya berbeda 27 derajat, juga akan membuat Allah semakin cinta kepada hamba-Nya.

“Shalat seseorang bersama seseorang lebih utama dari sholat sendiri dan shalat bersama dua orang lebih utama dari shalat bersama seorang, semakin banyak mereka berjamaah semakin dicintai Allah.” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

7. Mendawamkan Shalat Dhuha

Sunnah Rasulullah paling utama lainnya adalah dengan mendawamkan shalat dhuha setiap hari. Allah telah menyiapkan berbagai balasan bagi siapa saja yang melaksanakan shalat sunnah di pagi hari tersebut mulai dari dianggap sebagai sedekah setiap sendi, dicukupkan kehidupan hingga dibuatkan istana di surga.

Dalam Hadist Qudsi, Rasulullah bersabda, Allah berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim dan Thabrani)

8. Menjaga Wudhu

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam senantiasa terjaga dengan air wudhu. Bahkan sahabat nabi yang bernama Bilal pun merutinkannya sehingga karena amalan tersebut membuat suara sandalnya terdengar di surga.

Tak hanya dilakukan ketika terjaga, Imam Nawawi bahkan mengatakan, “Disunnahkan menjaga wudhu atau diri dalam keadaan suci. Termasuk juga kala tidur dalam keadaan suci.”

9. Bersedekah Setiap Hari

Selain menjadi sunnah Nabi, bersedekah setiap hari akan menjadikan para malaikat mendoakannya dan Allah akan melipatgandakan kenikmatan yang diberikan-Nya.

10. Mendawamkan Istigfar Setiap Saat

Sunnah Nabi yang tidak kalah penting adalah senantiasa mendawamkan istigfar setiap saat karena mampu mengeluarkannya dari kesempitan dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristigfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Baca Juga:







loading...