Dari Muzdalifah, Para Jamaah Haji Mulai Bergeser Ke Mina, Menag Minta Petugas Awasi Pergerakan Jamaah




Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengimbau tim kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk memantau penuh kesehatan jamaah, terutama pada fase puncak ibadah haji di Arafah Muzdalifah dan Mina.

Dari Muzdalifah, Para Jamaah Haji Mulai Bergeser Ke Mina, Menag Minta Petugas Awasi Pergerakan Jamaah


"Haji adalah Arafah tapi biasanya stamina jamaah itu wukuf sudah tersita habis jadi memang konsentrasi harus diberikan khususnya tim kesehatan untuk bisa memantau kondisi jamaah ketika sampai di Muzdalifah dan bergerak ke Mina," tegasnya di pusat pelayanan Haji di Mina, Makkah, Senin (5/9/2016) dinihari waktu Makkah, Arab Saudi.

Lukman juga meminta para petugas haji fokus terhadap pergerakan jamaah untuk mewaspadai terulangnya insiden Mina seperti yang terjadi tahun 2015 lalu. Ia berharap cuaca di Mina nantinya cukup bersahabat untuk jamaah. Tak seperti tahun lalu di mana terjadi angin kencang dan badai yang bisa menimbulkan masalah yang mengganggu teknis pelaksanaan ibadah haji.

Tak lupa, Lukman memberikan imbauan untuk jamaah haji agar selalu menjaga stamina dalam setiap pelaksanaan ibadah haji, juga mendahulukan ibadah yang wajib daripada yang sunnah.

"Jangan terlalu memforsir diri melakukan ibadah sunnah. Termasuk nanti dua tiga hari di Mina dibutuhkan fisik yang sangat prima sehingga ya mudah-mudahan semua jamaah haji kita bisa menjaga diri dan kesehatan," tandasnya




loading...

close ini