Beli Hewan Kurban Di Daerah Ini Berhadiah Umroh




Ratusan sapi yang dijual untuk kurban berjejer di sebuah tanah lapang, tepat di depan sebuah SPBU di Jalan Raya Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Beli Hewan Kurban Di Daerah Ini Berhadiah Umroh
Hewan kurban yang ditawarkan Dudut


Tampak di depan pagar, dipajang sebuah spanduk berukuran sekitar 3 meter bertuliskan 'Jual Sapi Bali'. Menengok lebih jauh ke dalam, sapi-sapi tersebut kebanyakan berwarna hitam, yang bertanduk diletakkan di enam kandang berbeda. Ada yang bertuliskan spesial, untuk bobot sapi yang mencapai 300 kilogram atau lebih, serta premium untuk hewan kurban yang memiliki berat antara lebih dari 500 kilogram.

Menjelang hari raya Idul Adha, sebanyak 470 pedagang hewan kurban bertebaran di wilayah Jakarta Timur. Namun, di Pulogebang, seorang penjual menawarkan hadiah umroh bagi satu pembeli yang beruntung memenangkan kupon undian.

"Ya, kami tawarkan kesempatan beribadah ganda, selain berkurban, pembeli yang beruntung juga bisa ke tanah suci untuk umroh," ujar pedagang sapi Bali, Dudut Andianto di lokasi penjualan sapi, Jumat (2/9/2016).

Kendati demikian, untuk menghindari kerancuan niat pembeli, Dudut mengaku, bakal memberitahukan adanya undian ketika hewan kurban yang dibeli diantarkan pada H-2 Idul Adha.

"Biar orientasi pembeli tidak ke umrohnya, kami kasih tahu nanti pas sapi dikirimkan. H-2 kami antar," sambung pria asli Blora, Jawa Tengah itu.

Adapun penghitungan undian, diperoleh dari tiap Rp. 2 juta yang dibayarkan para pembeli. Jika konsumen memilih seekor sapi seharga Rp. 14 juta misalnya, maka ia akan mendapatkan tujuh kupon undian

"Per Rp. 2 juta dapat satu kupon. Sabtu sebelum lebaran diundi dan akan diumumin. Paket umroh untuk tahun depan insya Allah," pungkas Dudut.