Amalkan Hal Ini, Allah Rahmati Tidur Seorang Muslim Hingga Bangunnya




Bagi seorang muslim, tidur merupakan salah satu nikmat Allah yang tidak bisa tergantikan dengan apapun juga dan patut disyukuri setiap saat. Tidur pun ada adab atau sunnah-sunnahnya secara fisik yang salah satunya adalah dengan menghadapkan wajah beserta tubuh ke arah kanan dan menghadap kiblat.

Amalkan Hal Ini, Allah Rahmati Tidur Seorang Manusia Hingga Bangunnya

Posisi tersebut sama seperti halnya ketika seorang manusia dikuburkan. Sehingga secara tidak langsung, tidur menjadi semacam kematian kecil yang akan membuat manusia mengingat kematian.

Sunnah lainnya yang dilakukan sebelum tidur adalah dengan bersiwak atau menyikat gigi. Selain menyehatkan, bersiwak juga menjadi kunci kecemerlangan pikiran dan nurani. Setelah itu lanjutkan dengan berwudhu sebagaimana saat hendak melakukan shalat.

Berwudhu sebelum tidur merupakan anjuran Rasulullah yang membuat diri seorang muslim ada dalam keadaan bersih dan suci. Jika pun ditakdirkan meninggal, maka kita pun akan pulang dalam keadaan yang suci.

Dalam Bidayatul Hidayah, Imam Al Ghazali menuliskan bahwa selain mengamalkan sunnah tersebut, umat Islam juga dianjurkan membaca ayat kursi, dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah, surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas dan Al Mulk. Alasannya karena ayat dan surat tersebut mampu menjaga seseorang dari gangguan setan golongan jin maupun manusia. Selain itu merutinkan bacaan itu akan menjamin kelancaran dan keberkahan rezeki.

Imam Al Ghazali juga menjelaskan bahwa setiap umat Islam hendaknya senantiasa berdzikir kepada Allah dan mempertahankan kesucian wudhunya hingga ia tidur. Di akhir penjelasan, Al Ghazali kemudian menuturkan khasiat dari semua amalan tersebut.

“Siapa yang mengamalkan hal itu, maka ia terbang melayang dengan Rabbnya menuju Arsy. Ia dicatat sebagai orang yang diberi rahmat hingga terbangun dari tidurnya itu.”

Baca Juga:


Semoga kita dimudahkan untuk melaksanakan segala amalan sunnah sebelum tidur tersebut sehingga jika pun meninggal, bisa menghadap Allah dalam kondisi yang terbaik. Aamiin





loading...