Update! Berita Penting Terkait Pelaksanaan Haji Tahun 2016




Berikut update terkini berita haji 2016 yang saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya :

1. Secara resmi, pintu No 1 (King Abdul Aziz Gate) kembali dibuka sejak hari ini (27/8/2016). Dalam keterangannya, Pimpinan Urusan 2 Masjid Suci, Syaikh Abdurrahman Sudais menegaskan bahwa dibukanya kembali pintu ini agar mempermudah arus gerak para tamu Allah yang kian hari makin padat menjelang puncak wukuf di Arafah.

2. Pemerintah Arab Saudi, melalui Mahkamah Agungnya mengajak kepada seluruh penduduk di Arab Saudi untuk ambil bagian dalam rukyatul hilal bulan Dzulhijjah pada hari Rabu dan Kamis yang akan datang.

3. Bagi Jamaah Haji maupun Warga Negara Indonesia, para pengguna smart phone (android/iPhone) bisa menggunakan fasilitas Aplikasi Haji Pintar yang dirilis oleh Kemenag Pusat untuk membantu memudahkan dalam membaca peta dan informasi perhajian selama di Tanah Suci.

3. Sebagaimana para jamaah haji pengguna smartphone juga bisa memanfaatkan aplikasi AlMaqshad (المقصد), sebuah aplikasi navigasi di Masjidil Haram.

4. Cuaca Arab Saudi secara umum, dan Makkah Al Mukarramah secara khusus diperkirakan akan mengalami perubahan cukup drastis pada 20-30 hari kedepan. Diharapkan untuk menjaga stamina dan menghindarkan diri dari sinar matahari secara langsung di siang hari.

5. Daerah Kerja Makkah dan Madinah (kemenag) membuka Sektor Khusus di Sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang ditujukan sebagai satgas membantu para jamaah haji yang tersesat di sekitar masjid.

5. Guna menghindari aksi penipuan yang kerap dilakukan oleh para oknum WNI di Arab Saudi terhadap para Tamu Allah. Dihimbau kepada para Jamaah Haji untuk tidak sembarangan memberikan identitas atau barang pribadinya.

Jika yang bersangkutan mengaku sebagai petugas, silahkan meminta kartu identitas resmi petugas haji tahun 2016/1437 atau seragam yang dikeluarkan secara resmi oleh Kemenag RI. Salah satu pakaian petugas haji bisa dilihat di gambar bawah ini.

Update! Berita Penting Terkait Pelaksanaan Haji Tahun 2016


6. Para Jamaah haji dan warga negara Indonesia kini dapat menyimak terjemah khutbah Jumat Masjidil Haram dan Nabawi dalam bahasa Indonesia di komplek masjid. Hanya dengan cara membawa handphone yang memiliki fitur Radio berikut headset. Untuk terjemah khutbah Masjdil Haram di gelombang 90,50 FM. Adapun Terjemah Khutbah di MasjidlNabawi di gelombang 99 FM.
Demikian update berita haji 2016 dari saya.

Informasi sebelumnya akan saya share kembali.

Semoga Allah Taala memudahkan dan menerima ibadah haji para tetamuNya. Dan memberikan kesempatan bagi para sababat semua untuk berhaji di Baitullah, Aamiin.

Abdul Atieq Syarifuddin
Makkah Al Mukarramah





close ini