Ternyata Ini Manfaat Membaca Al Qur’an Dengan Bersuara Menurut Medis




Ternyata Ini Manfaat Membaca Al Qur’an Dengan Bersuara Menurut Medis

Ternyata Ini Manfaat Membaca Al Qur’an Dengan Bersuara Menurut Medis

Allah telah memerintahkan manusia untuk membaca sebagaimana yang Allah perintahkan pula kepada Rasulullah dalam firman yang diturunkan pertama kalinya. Karena memang membaca menjadi gerbang ilmu. Terlebih lagi jika bacaan tersebut adalah sumber dari segala ilmu yaitu Al Qur’anul Karim.

Namun ternyata membaca Al Quran bisa memberikan manfaat secara medis kepada diri pembacanya. Hal ini telah diteliti oleh seorang ilmuwan muslim bernama dr. Al Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika.

Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa bacaan Al Qur’an yang disuarakan akan berpengaruh pada diri pembacanya meskipun ia tidak paham dengan makna bacaan tersebut. Lebih jauh lagi disebutkan bahwa manfaatnya akan terasa dalam segi psikologis dimana perasaan depresi dan sedih akan berubah menjadi kedamaian ketika Al Qur’an dibacakan.

Dalam penelitian tersebut, Al Qadhi menggunakan berbagai peralatan medis seperti alat pendeteksi tekanan darah, detak jantung, pendeteksi kelenturan otot dan alat untuk melihat reaksi kulit terhadap aliran gelombang.

Dari hasil penelitian tersebut, orang yang membaca Al Qur’an akan memiliki kedamaian sebesar 97%. Ia juga menuturkan bahwa sebisa mungkin Al Qur’an dibaca sambil bersuara karena akan memiliki efek terhadap pergerakan sel kulit.

Memang sel kulit pada tubuh akan senantiasa mengalami kerusakan dan untuk solusinya adalah dengan melalui terapi suara berupa bacaan Al Qur’an. Dengan demikian sel kulit yang rusak akan tergantikan dengan yang baru dan mengembalikan keseimbangan.

Tak heran jika bacaan Al Qur’an dianjurkan pada pagi hari karena mampu menjadi asupan energi dan penyemangat untuk melakukan aktivitas. Sel-sel tubuh pun akan menjadi lebih maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.

Tak hanya di pagi hari, Al Qur’an juga dianjurkan dibaca pada malam hari dimana bacaan tersebut akan menjadi penghilang penat dan lelah serta mengembalikan energi bagi sel tubuh setelah seharian beraktivitas.

Karenanya perbanyaklah membaca Al Qur’an sambil disuarakan. Tentunya perhatikan kaidah-kaidahnya seperti tajwid dan makhrajnya. Selain itu akan lebih baik lagi jika bisa mendalami arti atau makna yang terkandung di dalamnya. Wallahu A’lam

Baca Juga: