Ternyata Di Tempat Inilah Mozaik Tertua Yang Menggambarkan Bahtera Nabi Nuh Ditemukan




Penggambaran bahtera Nabi Nuh tak hanya dijelaskan dalam Al Qur’an saja, namun juga terdapat dalam berbagai karya yang sejak dulu telah dibuat. Salah satunya adalah sebuah mozaik yang memperlihatkan keadaan bahtera Nabi Nuh dan sejumlah kisah di jaman tersebut.

Ternyata Di Tempat Inilah Mozaik Tertua Yang Menggambarkan Bahtera Nabi Nuh Ditemukan

Mozaik tersebut ditemukan di sebuah sinagoga kuno di Lower Galilee, Israel yang ditemukan pada bulan Juni lalu dalam proses penggalian oleh para tim arkeolog.

Dalam mozaik tersebut terdapat 2 panel yang dibuat oleh masa Akhir Romawi di Huqoq, sebuah desa di Yunani Kuno.

Dalam salah satu panel diperlihatkan sebuah mozaik bergambar bahtera Nabi Nuh yang lengkap dengan isinya yakni beberapa hewan seperti macan tutul, singa dan beruang. Sementara itu, di panel lainnya terdapat gambaran tentara yang sedang ditelan oleh ikan besar. Terdapat juga kereta yang terbalik di Laut Merah yang terbelah.

Dilansir dari National Geographic, Jodi Magness selaku Direktur penggalian dari University of North Carolina dan mendapatkan pembiayaan dalam ekspedisinya dari National Geographic Society mengatakan bahwa penemuan tersebut sangat langka terjadi di masa tersebut.

“Saya hanya tahu ada dua adegan terbelahnya Laut Merah di sinagoga kuno,” ucapnya.

Ia juga menuturkan bahwa gambaran secara lengkap tentang kisah bahtera Nabi Nuh juga ditemukan di lukisan dinding di Dura Europos (Suriah). Hanya saja dalam gambaran tersebut tidak ada peristiwa ikan yang memakan tentara Mesir, sebagaimana gambaran di mozaik di Israel.

Baca Juga: