MUI Daerah Ini Tolak Bioskop Yang Kini Sedang Dibangun Di Seberang Sebuah Masjid




MUI Daerah Ini Tolak Bioskop Yang Kini Sedang Dibangun Di Seberang Sebuah Masjid
Para pekerja sedang melakukan pembangunan untuk bioskop dan fasilitas lainnya di Cipanas (Farhaan M Ridwan/Radar Cianjur)
MUI Daerah Ini Tolak Bioskop Yang Kini Sedang Dibangun Di Seberang Sebuah Masjid

Bagaimana jadinya jika sebuah bioskop dibangun di seberang sebuah masjid? Tentu saja hal ini langsung menuai kontra dari berbagai masyarakat dan tokoh ulama. Salah satunya yang dilakukan oleh MUI Cipanas terkait pembangunan sebuah bioskop di seberang Masjid Al Ihsan Desa Ciloto Kecamatan Cipanas.

Dilansir dari Pojoksatu (9/8/2016), Pihak MUI Cipanas yang diwakili oleh Wakil Ketua MUI, Misfalah Yusuf mengatakan bahwa ia sangat menyesalkan pembangunan bioskop yang kini sedang dilakukan di depan sebuah masjid. Karena seharusnya sebuah bioskop jangan berdekatan dengan masjid.

“Bioskop itu amat dekat dengan kemaksiatan. Kami sebenarnya tidak berharap ada bioskop di lokasi ini,” ucapnya.

Menurutnya bioskop hanya akan membawa mudharat sehingga ia bersama dengan pengurus MUI lainnya akan memfasilitasi bagi warga yang keberatan dengan pembangunan tersebut.

Dirinya pun berharap agar agar wisata di Cipanas bisa lebih syariah dan terhindar dari kemaksiatan.

“Kami berharap konsep wisata syariah yang benar-benar agamis bisa diterapkan, sehingga bisa terhindar dari segala bentuk kemaksiatan,” lanjutnya.

Sementara itu terkait pembangunan bioskop yang sudah dilakukan, Muzani Saleh selaku Kepala Bidang Informasi Pendaftaran dan Penanganan Pengaduan BPPTPM Cianjur mengatakan bahwa perizinan untuk pembangunan hotel memang sudah lengkap. Namun perizinan untuk operasional pemutaran film memang belum diketahuinya.

“Direncanakan di belakang lokasi bioskop akan dibangun hotel ala Timur Tengah dan di seberang bioskop akan dibangun hotel. Perizinannya sudah masuk dan kemungkinan lokasi itu akan menjadi salah satu destinasi wisata,” tuturnya.

Terkait pembangunan bioskop yang berdekatan dengan masjid, Camat Cipanas Suhendra mengaku tidak mengetahuinya karena menurutnya izin pembangunan bioskop tersebut telah diurus sebelum dirinya menjabat.

“Saya tidak tahu di lokasi itu ada bioskop, mungkin itu dilengkapi izinnya pas camat sebelum saya,” pungkas Suhendra.

Baca Juga: