Kisah Kakek Ma'shum, Mantan Guru Yang Berjuang Lewat Buku Bekas Ini Sungguh Mengharukan




Kisah Kakek Ma'shum, Mantan Guru Yang Berjuang Lewat Buku Bekas Ini Sungguh Mengharukan

Kisah Kakek Ma'shum, Mantan Guru Yang Berjuang Lewat Buku Bekas Ini Sungguh Mengharukan

Berprofesi sebagai seorang guru memang tidak selamanya menjanjikan kehidupan yang berkecukupan. Bahkan di hari tuanya, seorang guru pun harus berusaha mencari penghasilan meski kondisinya telah renta.

Salah satunya yang dialami oleh seorang pensiunan guru bernama kakek Ma’shum. Di tengah kondisi yang tak lagi muda, ia dengan telaten menyusun berbagai buku bekas di sebuah pinggiran jalan. Jika dilihat dari wajahnya, maka ada sebuah harapan agar ada pembeli mau membeli buku jualannya.

Kakek Ma’shum memang berusaha mencari penghidupan lewat berjualan buku bekas di Pasar Singosari, Malang. Namun tak ada yang mengira jika ia merupakan seorang pensiunan guru.

Di balik usianya yang telah renta dan tubuh yang kurus, kehidupannya terus diisi dengan mencari nafkah dan tidak ada waktu untuk berleha-leha.

Kisahnya pun diunggah oleh Facebook Komunitas Share If You Care dimana diceritakan bagaimana perjuangan kakek Ma’shum untuk bisa berjualan mulai dari berangkat hingga menunggu para pembeli.

Dalam media sosial tersebut disebutkan bahwa kakek Ma’shum hanya tinggal bersama dengan putra satu-satunya di sebuah rumah kontrakan yang berada di Gang Kali Biru Lawang. Sebuah gang yang cukup sempit dan memiliki akses yang terjal dengan letak di bantaran kali.

Untuk bisa menuju rumahnya, kita pun harus melewati jalan yang berliku dan beragam anak tangga yang cukup curam. Dan itulah jalanan yang harus dilewati seorang kakek pensiunan guru tersebut.

Memang ilmu pembelajaran kini bisa ditemukan dalam gadget sehingga buku pun banyak yang tersisihkan. Namun semangat kakek Ma’shum tetap tinggi berharap ada pembeli yang senang mencari informasi lewat buku jualannya.

Baca Juga:


Semoga usaha kakek tersebut diberkahi Allah dan dimudahkan dalam mencari rezeki. Aamiin