Kebelet Ketika Sedang Umroh atau Haji? Ini Beberapa Lokasi Toilet Terdekat Di Masjidil Haram




Berita Haji 2016 | Bagi Anda yang sedang berada di tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh atau haji harus memperhatikan masalah ini, Karena sebagaimana kita ketahui bahwa di dalam Masjidil Haram tidak ada toilet. Jika sudah kebelet maka Anda harus berjalan keluar dari area Masjidil Haram untuk menemukan toilet terdekat.

Kebelet Ketika Sedang Umroh atau Haji? Ini Beberapa Lokasi Toilet Terdekat Di Masjidil Haram


Oleh karena itu, Para jamaah umroh dan haji sudah semestinya mengenali lokasi toilet terdekat agar tidak berputar-putar.

Menjelang puncak haji, Masjidil Haram semakin hari semakin padat. Jamaah datang dari berbagai negara untuk beribadah. Tak hanya arena ibadah, namun toilet pun selalu penuh setiap saat. Anda harus memahami titik-titik lokasi toilet agar tidak salah jalan, sebab saat ini proyek perluasan masih berlangsung, sehingga tak semua akses jalan terbuka.

Berbeda dengan toilet, khusus untuk tempat berwudhu lebih mudah diakses dan ditemukan. Lokasinya ada di pelataran, halaman sampai di dalam masjid, tepatnya di dekat jalan menuju arena sa'i.

Nah, untuk toilet, ada beberapa yang mudah ditemukan, namun tak sedikit juga butuh tenaga ekstra untuk mencarinya. Berikut adalah beberapa titik toilet terdekat di Masjidil Haram dan cara menemukannya dari lokasi Anda berada:

1. Berada di sudut terminal Ajyad

Jika Anda datang dari arah terminal Ajyad atau rumah sakit Ajyad, maka toilet besar akan terlihat jelas di sebelah kiri menjelang pintu utama Masjidil Haram. Tulisan WC terlihat jelas dengan gambar untuk menandakan toilet pria dan wanita.

Seandainya toilet tersebut penuh, Anda bisa mencari alternatif toilet di tower zamzam. Di dalam mal tersebut, mulai dari lantai 1 ada toilet untuk laki-laki di sayap mal sebelah kanan, dan wanita di sayap mal sebelah kiri, atau di lantai atas.

2. Berada di pelataran masjid depan pintu King Fahd

Jika Anda datang dari arah Misfalah, lalu hendak mencari toilet, atau keluar dari dalam masjid melalui gerbang utama King Fahd, maka sebaiknya mencari toilet bawah tanah. Posisinya ada di depan hotel Hilton dan Dar Al Tawhid. Jangan sampai tertukar dengan jalur bawah tanah menuju arena penjemputan. Perhatikan logo dan tulisan WC serta gambar pria atau wanita. Sebab toilet pria dan wanita terpisah dan jaraknya cukup berjauhan.

3. Berada di area Sa'i

Jika Anda sedang berada di area sa'i dan kebelet ingin ke toilet maka tidak perlu berjalan ke luar menuju gerbang utama King Fahd. Keluar saja lewat pintu Marwa lalu berjalan sekitar 100 meter ke arah bangunan bertuliskan WC. Di sini juga terpisah toilet untuk wanita dan pria, sehingga perlu diperhatikan gambarnya.

Demikian titik lokasi toilet terdekat di Masjidil Haram, Jika Anda mempunyai riwayat penyakit tidak bisa menahan kencing dalam waktu lama, maka lebih baik Anda mengenakan pampers dewasa untuk berjaga-jaga.

Selamat berhaji, Semoga menjadi haji mabrur, Aamiin