Inilah 6 Jenderal Terhebat Dalam Sejarah Yang Membuat Islam Berjaya




Inilah 6 Jenderal Terhebat Dalam Sejarah Yang Membuat Islam Berjaya
Ilustrasi
Inilah 6 Jenderal Terhebat Dalam Sejarah Yang Membuat Islam Berjaya

Dahulu perjuangan islam tak selamanya mulus. Ada berbagai alasan sehingga akhirnya Allah pun menyuruh umat islam untuk berperang demi mempertahankan diri dari serangan musuh.

Salah satu yang patut kita ketahui dan teladani dari berbagai peperangan tersebut adalah sosok para panglima atau jenderal yang membuat islam menjadi berjaya dan akhirnya mencapai kemenangan.

Siapa sajakah para jenderal yang menegakkan panji-panji Allah tersebut?

1. Abu Ubaidah Bin Al Jarrah (583-639)

Sosok Abu Ubaidah begitu dikenal di kalangan umat islam karena merupakan seorang panglima atau jenderal yang santun dan cerdas. Ia juga merupakan sosok golongan sahabat yang pertama kali masuk islam dan ikut berhijrah ke negeri Habasyah serta ke Madinah.

Begitu berpengaruhnya sosok Abu Ubaidah membuat ia bahkan menjadi kandidat khalifah bersama dengan Abu Bakar dan Umar bin Khattab setelah Rasulullah wafat.

Setelah Abu Bakar resmi menjadi Khalifah, Abu Ubaidah kemudian dipilih menjadi panglima dan melawan kerajaan Romawi. Abu Ubaidah pun wafat karena wabah penyakit.

2. Khalid Ibn Al Walid (584-642)

Bagi umat islam, sosok Khalid bin Walid menjadi panglima atau jenderal perang yang sangat diandalkan. Terbukti berbagai peperangan telah ia taklukkan sehingga Khalid bin Walid dijuluki sebagai Saifullah Al Maslul (pedang Allah yang terhunus).

3. Sa’ad Bin Abi Waqqas (595-674)

Selain Abu Ubaidah, jenderal yang menjadi golongan yang masuk islam pertama kali adalah Sa’ad bin Abi Waqqas. Ia merupakan jenderal yang tangguh dan terbukti berhasil memimpin pasukan muslim untuk melawan tentara Persia di Qadissyah yang merupakan peperangan terbesar.

4. Muhammad Al Fatih (1432-1481)

Muhammad Al Fatih atau Mehmed II atau yang dikenal sebagai Mehmed sang penakluk merupakan jenderal sekaligus sultan kerajaan Ottoman. Di usianya yang baru 21 tahun, ia mampu menaklukkan konstantinopel dan mengakhiri kejayaan Bizantium. Tak hanya handal berperang, namun Al Fatih juga terkenal karena kecerdasan dan kepemimpinannya yang dikatakan lebih maju saat itu.

5. Salahuddin Ayyubi (1138-1193)

Jenderal islam yang juga dikatakan hebat adalah Salahuddin Ayyubi atau Saladin. Pejuang muslim Kurdi dan Tikrit yang menjadi sultan pertama dari Mesir dan Suriah serta mendirikan dinasty Ayyubiyah.

Di bawah pimpinannya, Salahuddin berhasil melawan pasukan salib pada perang Hattin tahun 1187 dan merebut kembali Palestina.

6. Tariq Bin Ziyad (670-720)

Jenderal yang membawa pasukan muslim menuju kemenangan melawan pasukan Visigoth di Andalusia adalah Tariq bin Ziyad. Ia juga memimpin pasukan yang cukup besar guna menyeberangi lautan dan menghadapi kerajaan pimpinan Raja Roderick.

Selain itu Tariq bin Ziyad juga mengatur pasukannya yang berada di bukti besar yang kini bernama Gibraltar yang artinya gunung Tariq. Peperangan itu pun dimenangkan oleh pasukan islam.

Itulah 6 jenderal terhebat dalam sejarah yang membuat islam berjaya meski sebenarnya masih banyak jenderal atau panglima lainnya yang juga berpengaruh dalam perkembangan islam.

Bukan hanya sekedar hebat dalam peperangan, namun mereka juga memiliki akhlak dan sikap yang patut ditiru oleh para pemimpin kita seperti adil, berani dan pemaaf. Wallahu A’lam.

Baca Juga: