Inilah 3 Olahraga Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah Bagi Umat Islam




Inilah 3 Olahraga Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah Bagi Umat Islam

Inilah 3 Olahraga Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah Bagi Umat Islam

Sangat penting bagi setiap manusia untuk mengolah tubuh yang telah Allah titipkan sehingga bisa memiliki daya tahan yang kuat sekaligus bermanfaat, terutama untuk membela agama. Tak hanya itu saja, olahraga juga dapat menambah stamina tubuh sehingga tidak mudah lemah atau letih.

Berolahraga sebenarnya disukai oleh Allah dan Rasul-Nya karena berarti menjaga amanat yang Allah beri berupa kesehatan tubuh. Beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah diantaranya adalah memanah, berkuda dan berenang.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Lantas apa alasannya Rasulullah begitu menganjurkan olahraga tersebut bagi setiap umat islam?

Ternyata dalam ketiga olahraga tersebut terdapat beberapa keutamaan sehingga mampu bermanfaat bagi kesehatan raga dan pikiran.

Lewat berkuda, tulang belakang penunggangnya akan mengalami sebuah proses pengurutan. Seiring bergeraknya hewan tersebut, maka tulang manusia pun akan bergesekan secara harmoni. Dan hal tersebut sangat baik bagi syaraf-syaraf tulang.

Sementara itu ketika melakukan olahraga memanah, maka hal tersebut mampu melatih rasa emosi kita. Memanah memang membutuhkan keseimbangan tubuh dan pikiran dimana sekali saja pikiran tertekan, maka sulit anak panah untuk tepat mengenai sasaran.

Tak heran jika seorang pemanah akan lebih bersifat sabar dan memiliki mental yang baik, sebagaimana sabda Rasulullah.

“Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR Bazzar dan Thabarani)

Adapun berenang akan menguatkan stamina, otot dan tulang rangka karena semua anggota tubuh bergerak ketika melakukan olahraga tersebut. Selain itu olahraga ini pun sangat penting ketika harus melintasi sungai ataupun lautan.
Baca Juga: Rukanah, Pegulat Terhebat Di Makkah Yang Menantang Adu Gulat Dengan Rasulullah
Itulah 3 olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah yang harus umat islam sebisa mungkin lakukan. Tak hanya menguatkan fisik dan mental, namun juga kita berarti telah mengikuti sunnahnya. Wallahu A’lam





loading...