Hidup Penuh Dengan Masalah? Ini Nomor Darurat Untuk Menghubungi Allah




Saat ini telekomunikasi menjadi lebih mudah dan lebih canggih. Bahkan kini setiap negara memiliki nomor darurat untuk mendapatkan sejumlah pelayanan atau tindakan yang cepat. Meski begitu tidak semua nomor tersebut mampu menyelesaikan semua masalah yang sedang kita dihadapi.

Banyak dari kita yang lebih memilih menghubungi teman atau saudara untuk sekedar mengungkapkan permasalahan yang ada. Padahal bisa jadi permasalahan yang kita miliki hanya menjadi beban dan masalah baru bagi mereka. Mereka pun belum tentu memiliki solusi atas segala permasalahan yang kita hadapi.

Hidup Penuh Dengan Masalah? Ini Nomor Darurat Untuk Menghubungi Allah

Allah Ta’ala sebenarnya telah memberikan kita petunjuk bagaimana menghubungi Allah lewat nomor darurat ketika dilanda sebuah masalah. Namun nomor disini bukanlah harus berkomunikasi menggunakan ponsel atau telepon, melainkan menggunakan kitabullah Al Qur’anul Karim.

Berikut adalah nomor darurat yang bisa kita gunakan untuk menghubungi Allah atas permasalahan yang kita hadapi.

1. Hubungi 2:286 Saat Hati Sedang Sedih

Nomor 2: 286 yang dimaksudkan disini adalah Al Qur’an surat ke-2 yakni Al Baqarah ayat 286 yang berbunyi:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS Al Baqarah 286)

Sangat jelas ketika kita dilanda kesedihan, maka melalui ayat tersebut kita diingatkan bahwa Allah-lah yang telah menciptakan kesedihan dan tidak akan pernah melebihi kesanggupan kita sebagai hamba-Nya yang lemah. Karenanya tidak perlu kesedihan tersebut hinggap berlarut-larut.

Bahkan kesedihan atas sesuatu yang kita benci boleh jadi adalah baik bagi kita, begitu pun sebaliknya, sebagaimana yang tertera dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 216.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak tidak mengetahui.” (QS Al Baqarah 216)

2. Hubungi 9:129 Untuk Yang Merasa Sepi Dalam Kehidupan

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada suatu kondisi dimana kita merasa kesepian di dalam hidup ini, meskipun di luaran nampak begitu ramai. Hal ini pun akan membuat kita frustasi dan hilang arah. Untuk itu Allah memberikan solusinya dengan nomor 9:129 yakni surat At Taubah ayat 129.

“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada illah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal.” (QS At Taubah 129)

3. Hubungi 13:28 Untuk Hati Yang Sulit Tentram

Ketentraman hati akan berpengaruh besar dalam menjalani setiap kehidupan. Namun saat ini banyak orang yang sulit memiliki ketentraman tersebut lantaran banyaknya pikiran ataupun masalah lain yang sudah menumpuk dan sulit dihilangkan. Akibatnya segala keputusan pun menjadi tidak karuan lantaran tidak adanya ketentraman.

Karenanya Allah memberikan solusi untuk mencari surat ke-13 ayat 28 dalam Al Qur’an.

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (QS Ar Ra’d 28)

4. Hubungi Nomor 79:22 Saat Diri Merasa Tidak Dihargai

Tidak ada manusia yang karya atau kerjanya suka diacuhkan dan tidak dihargai. Memang sudah menjadi sifat manusia untuk dihargai dan dipuji. Karena jika kita sudah tidak dihargai, yang ada hanyalah kemarahan dan emosi yang terus ada dalam hati.

Efeknya tentu saja kita akan memperbincangkan kejelekan orang lain dan bisa jadi menimbulkan fitnah.

Ketahuilah bahwa Allah menjelaskan dalam Al Qur’an surat ke-79 (Al Insan) ayat 22 untuk senantiasa bersabar dan tidak perlu merasa tidak dihargai.

“Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan).” (QS Al Insan 22)

Sehingga jika kita telah berbuat yang terbaik namun tidak dihargai, maka balasannya akan terasa di kemudian hari. Jadi yakinlah bahwa Allah Maha Membalas segala hal apapun itu.

5. Hubungi Nomor 94:5-6 Jika Memperoleh Kesulitan

Hidup yang dijalani akan ada suka maupun duka. Bahkan seringkali kita akan dilanda kesulitan yang bertubi-tubi. Tak heran jika akhirnya kita pun mengungkapkan kesulitan tersebut kepada orang lain dahulu. Padahal Allah-lah sebaik-baik tempat mengadu.

Untuk mengatasi kesulitan dalam hidup, perbaikilah mental dan keimanan kita dengan nomor 94:5-6 yang berarti bacalah dan dalamilah isi dari surat Al Insyirah ayat 5 dan 6.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Al Insyirah 5-6)

Lihatlah betapa Allah memberikan keyakinan kepada kita selaku hamba-Nya bahwa bersama dengan kesulitan akan ada kemudahan dan janji Allah adalah pasti. Karenanya kita pun dituntut untuk bersikap optimis dan tidak mudah menyerah ketika mengalami kesulitan karena pasti ada jalan keluarnya.

Baca Juga:


Itulah nomor-nomor darurat untuk menghubungi Allah dengan cepat ketika kita dilanda suatu masalah. Semoga dengan hal tersebut kita pun menjadi lebih dekat dan lebih taat kepada-Nya. Aamiin






close ini