Gerhana Matahari Cincin Akan Melintasi Indonesia Tanggal 1 September Esok




Fenomena Gerhana Matahari Cincin besar kemungkinan akan terjadi pada hari Kamis, 1 September 2016 esok hari. Tak hanya bisa disaksikan di Indonesia, namun juga oleh sejumlah negara di dunia.

Gerhana Matahari Cincin Akan Melintasi Indonesia Tanggal 1 September Esok

Dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diketahui bahwa masyarakat di Indonesia hanya bisa melihat fenomena gerhana matahari sebagian saja dari fenomena tersebut.

“Gerhana matahari cincin (GMC) 1 September 2016 yang dapat diamati dari Indonesia berupa gerhana matahri sebagian,” ucap BMKG, sebagaimana dikutip dari Dream, Rabu (31/8/2016).

Dari catatan BMKG, selama tahun 2016 terhitung ada beberapa kali gerhana yang bisa dilihat di Indonesia. Gerhana yang pertama adalah di tanggal 9 Maret 2016 yakni berupa Gerhana Matahari Total. Sementara gerhana yang kedua adalah Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada tanggal 23 Maret 2016.

Adapun gerhana yang ketiga sama seperti gerhana yang kedua yakni Gerhana Bulan Penumbra dan terjadi pada tanggal 18 Agustus 2016 kemarin. Sedangkan pada hari esok tepatnya tanggal 1 September, masyarakat bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin dimana yang terlihat di Indonesia hanya Gerhana Matahari Sebagian.

Beberapa kawasan yang dapat melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin tersebut antara lain Samudera Atlantik, Afrika Tengah, Madagaskar, Samudera Hindia, Amerika Selatan dan Semenanjung Arabia serta beberapa bagian dari Indonesia dan Australia.

Sementara untuk daerah Indonesia sendiri, BMKG telah mencatat ada beberapa wilayah yang bisa melihat fenomena tersebut yakni 124 kota dan kabupaten yang letaknya di 10 Provinsi.

Beberapa daerah yang memungkinkan untuk melihat kejadian langka tersebut adalah Sumatera Barat bagian Selatan, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Timur.

“GMC 1 September 2016 ini akan teramati dari lokasi-lokasi diatas pada saat matahari akan terbenam,” tuturnya.

Adapun waktu tepatnya belum bisa diprediksi dengan jelas. Hanya saja wilayah yang pertama kali melihat Gerhana Matahari Cincin adalah daerah Pacitan Jawa Timur pada pukul 17:26 WIB. Setelah itu gerhana akan terlihat di sejumlah wilayah di pulau Jawa dan akan berakhir atau yang terakhir melihat adalah Bengkulu pada pukul 18.06 WIB.

Baca Juga: