Yang Ingin Berhaji, Ini Tips Nyaman Ketika Berada Dalam Pesawat




Perjalanan dari Indonesia menuju Tanah Suci paling tidak memakan waktu sekira sembilan jam. Namun tidak semua calon jamaah haji (calhaj) pernah naik pesawat. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi calon jamaah haji agar nyaman ketika sedang berada dalam pesawat.

Yang Ingin Berhaji, Ini Tips Nyaman Ketika Berada Dalam Pesawat


Pertama, Bebaskan tempat duduk di pesawat dari barang yang mengganggu. Banyaknya barang bawaan diletakkan di kursi pesawat bisa membuat posisi duduk jamaah tidak nyaman dan rileks. Jika membawa tas pinggang selain koper dan tas ransel atau tas tenteng, usahakan membawa tas pinggang yang berukuran kecil, jangan terlalu besar, agar bisa ditaruh di depan kursi.
   
Kedua, Berkenalan dengan jamaah lain di sekitar kursi duduk di pesawat, khususnya yang masih satu baris. Sembilan jam tentunya sangat membosankan. Mengobrol, diskusi atau bertanya dengan teman sekitar kursi duduk pesawat bisa mengurangi kebosanan. Umumnya pesawat untuk penerbangan haji tidak menyediakan layar hiburan.
   
Ketiga, cukup mengonsumsi air dan makanan. Perjalanan yang lama akan membuat tubuh gampang capek, lapar dan haus. Bantulah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih secara cukup dan makanan. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan tetap bugar setelah tiba di Bandara Jeddah atau Madinah.
   
Keempat, Gunakan waktu untuk tidur yang cukup dan cermat. Meski selama perjalanan tidak harus tidur terus. Jamaah harus pintar menyiasati masa tidur dengan baik. Jika tidur berlebihan, tidak baik juga untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.
   
Kelima, Jika ingin buang air, baik besar maupun kecil sebaiknya jangan ditahan, segeralah menuju ke toilet. Jika belum bisa mengoperasikan tombol-tombol di toilet minta bantuan pada pramugari atau pramugara yang ada di pesawat. Jangan ditahan, bisa menimbulkan penyakit.
   
Keenam, Jika waktu shalat tiba dan ingin melaksanakan shalat di pesawat, sebaiknya bertayammum, karena air kran di pesawat terbatas, sehingga tidak memungkinkan untuk berwudhu. Shalat dengan cara duduk di kursi.

Ketujuh, Jangan lupa bawa buku-buku panduan dan doa haji untuk muraja'ah kembali pengetahuan dan doa-doa seputar haji. sisipkan buku tersebut di tas kecil agar bisa dibaca ketika dalam pesawat.

Demikian tips singkat nyaman berada dalam pesawat penerbangan haji, Semoga bermanfaat.





close ini