Setelah 85 Tahun Tak Terdengar, Adzan Kembali Berkumandang Di Hagia Sophia Turki




Setelah 85 Tahun Tak Terdengar, Adzan Kembali Berkumandang Di Hagia Sophia Turki

Setelah 85 Tahun Tak Terdengar, Adzan Kembali Berkumandang Di Hagia Sophia Turki

Sebuah adzan kembali berkumandang dari bangunan bersejarah di Turki bernama Hagia Sophia. Adzan yang dikumandangkan pada hari Sabtu (02/07/2016) tersebut merupakan adzan yang pertama kali setelah 85 tahun terakhir.

Dilansir dari Worldbulletin, adzan tersebut bertepatan dengan salah satu diantara malam datangnya Lailatul Qadar. Empat tahun sebelumnya memang adzan pernah dikumandangkan dari menara Hagia Sophia, namun muadzin hanya mengumandangkannya di ruangan khusus di lapangan museum, bukan di dalam masjid.

Hagia Sophia merupakan sebuah bangunan yang dibangun oleh pemerintahan Kristen Ortodoks di bawah kepemimpinan Kaisar Bizantium Justinian I tahun 537 Masehi. Setelah Sultan Mehmet menaklukkan daerah tersebut di tahun 1453 Masehi, bangunan itu pun dirubah menjadi masjid. Akan tetapi di tahun 1935, Mustafa Kemal Ataturk merubahnya menjadi museum.

Setelah beberapa tahun terakhir, sejumlah permintaan pun menginginkan agar bangunan tersebut difungsikan kembali menjadi masjid. Ketika dibacakan Al Qur’an pada bulan Ramadhan, pemerintah Yunani mengeluh dan mengkritik hal tersebut kepada Kementerian Luar Negeri Turki.

Kini adzan yang pertama kali itu pun disiarkan di TV Turki dimana yang menjadi muadzin adalah Mehmet Gormez. Ia juga menyinggung tentang terorisme yang telah menyudutkan islam dalam berbagai sendi kehidupan.

“Terorisme bukan saja mengancam hidup kami tapi juga merusak nilai-nilai kemanusiaan yang telah dibawa oleh Islam,” katanya.

Simak videonya



Lihat Juga: