Inilah Keutamaan Menghafal Asmaul Husna Bagi Kehidupan Dunia Dan Akhirat




Inilah Keutamaan Menghafal Asmaul Husna Bagi Kehidupan Dunia Dan Akhirat

Inilah Keutamaan Menghafal Asmaul Husna Bagi Kehidupan Dunia Dan Akhirat

Di dalam Al Quran, Allah telah menjelaskan bahwa Ia memiliki nama-nama yang baik atau yang kita kenal dengan ‘Asmaul Husna’. Di dalamnya ada 99 sifat Allah yang sangat baik diucapkan ketika kita berdoa kepada-Nya.

Keterangan yang memperkuat hal tersebut terdapat dalam surat Al A’rof ayat 180 yang berbunyi,

“Hanya milik Allah Asmaul Husna. Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna tersebut.” (QS Al A’rof 180)

Sementara dalam hadist Bukhari, Rasulullah menjelaskan keutamaan menghafal Asmaul Husna yang paling utama dalam kehidupan manusia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghitung/ menghafalnya maka ia akan masuk surga.” (HR Bukhari)

Kalangan ulama memiliki pandangan bahwa yang dimaksud dalam hadist tersebut bukanlah hanya menghafal kemudian masuk surga. Yang benar adalah ketika kita menghafal, maka kita pun dianjurkan untuk mengetahui dan menyelami maknanya serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh adalah ketika kita mengetahui bahwa Allah memiliki nama Al Bashir (Maha Melihat), maka dalam setiap tindakan yang kita lakukan akan merasa diawasi dan dilihat oleh Allah.

Begitu pun juga ketika kita mengetahui bahwa Allah Assami’ (Maha Mendengar), maka segala ucapan kita akan senantiasa terjaga karena Allah Maha Mendengar meski kita berada di dalam ruang tertutup sekalipun. Bahkan perkataan hati pun akan terdengar oleh Allah yang Maha Kuasa.

Tentu semuanya diawali dengan menghafal Asmaul Husna dan diiringi dengan memahami setiap namaNya. Tak heran orang yang mengamalkan Asmaul Husna akan menjadi pribadi yang bertakwa dan dijanjikan masuk surga.

Berikut adalah 99 nama Allah yang terdapat dalam Al Qur’an dan disebutkan juga dalam hadist riwayat Tirmidzi.

الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ الْغَفَّارُ الْقَهَّارُ الْوَهَّابُ الرَّزَّاقُ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الْخَافِضُ الرَّافِعُ الْمُعِزُّ الْمُذِلُّ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ الْحَكَمُ الْعَدْلُ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ الْحَلِيمُ الْعَظِيمُ الْغَفُورُ الشَّكُورُ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ الْحَفِيظُ الْمُقِيتُ الْحَسِيبُ الْجَلِيلُ الْكَرِيمُ الرَّقِيبُ الْمُجِيبُ الْوَاسِعُ الْحَكِيمُ الْوَدُودُ الْمَجِيدُ الْبَاعِثُ الشَّهِيدُ الْحَقُّ الْوَكِيلُ الْقَوِيُّ الْمَتِينُ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ الْمُحْصِي الْمُبْدِئُ الْمُعِيدُ الْمُحْيِي الْمُمِيتُ الْحَيُّ الْقَيُّومُ الْوَاجِدُ الْمَاجِدُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ الْقَادِرُ الْمُقْتَدِرُ الْمُقَدِّمُ الْمُؤَخِّرُ الْأَوَّلُ الْآخِرُ الظَّاهِرُ الْبَاطِنُ الْوَالِيَ الْمُتَعَالِي الْبَرُّ التَّوَّابُ الْمُنْتَقِمُ الْعَفُوُّ الرَّءُوفُ مَالِكُ الْمُلْكِ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ الْمُقْسِطُ الْجَامِعُ الْغَنِيُّ الْمُغْنِي الْمَانِعُ الضَّارُّ النَّافِعُ النُّورُ الْهَادِي الْبَدِيعُ الْبَاقِي الْوَارِثُ الرَّشِيدُ الصَّبُورُ

Baca Juga:


Semoga kita senantiasa menghafal Asmaul Husna karena besarnya keutamaan yang diperoleh, tak hanya di dunia namun juga di akhirat kelak. Wallahu A’lam