Inilah Azab Yang Akan Dirasakan Oleh Orang Yang Pelit Ilmu




Inilah Azab Yang Akan Dirasakan Oleh Orang Yang Pelit Ilmu

Inilah Azab Yang Akan Dirasakan Oleh Orang Yang Pelit Ilmu

Bagi banyak orang, menuntut ilmu merupakan sebuah hal yang sangat mahal karena selain menghabiskan banyak uang, mereka pun telah menghabiskan waktu untuk memahami ilmu tersebut. Tak heran jika banyak orang yang pelit ilmu atau enggan membagi-bagikannya kepada orang lain.

Sebagian dari mereka beranggapan bahwa apabila memberikan ilmu tersebut kepada orang lain, otomatis ia akan tersaingi. Bahkan jika ada yang meminta ilmu dan memberikan bayaran kepadanya, hanya sedikit saja ilmu yang ia bagikan.

Sudah diketahui bahwa Allah menyukai hamba-hambaNya yang senantiasa berbagi kebaikan. Namun kini banyak orang yang justru merasa jika ilmu tersebut dibagikan, maka kehebatannya dalam suatu bidang akan hilang.

Padahal dalam suatu hadist, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan lalu ia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat kelak Allah akan mengekangnya dengan kekang api neraka.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Lantas, masihkah kita enggan untuk berbagi ilmu setelah mengetahui azab tersebut? Masihkah pula untuk menyembunyikannya terhadap orang-orang yang membutuhkan?

Kita pun tentu tahu bahwa apabila ilmu tersebut dibagikan, maka yang ada adalah kita semakin lebih pintar. Hal ini dikarenakan dalam proses mengajar, pemikiran akan semakin terasah dan bahkan bisa menemukan ilmu-ilmu yang baru serta tidak diketahui sebelumnya.

Tak hanya terhindar dari azab yang pedih, orang yang memberikan ilmu kebaikan akan mendapatkan pahala yang terus mengalir.

Dalam sebuah hadist dari Salh bin Muadz bin Anas dari bapaknya, sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang mengajarkan suatu ilmu, maka dia akan mendapatkan pahala dari orang-orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala orang-orang yang mengerjakannya itu.” (HR Ibnu Majah)

Sementara dalam hadist lain, seluruh penghuni langit dan bumi akan mendoakan kebaikan bagi siapa saja yang mengajari manusia sebuah kebaikan.

Dari Abu Ummah Radhiyallahu Anhu, bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,

“Sungguh Allah, para malaikat-Nya serta semua penghuni langit dan bumi termasuk semut dalam lubangnya dan ikan-ikan, sungguh semuanya mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang mengajari manusia.” (HR Tirmidzi)

Namun yang ditekankan disini adalah berbagi ilmu kebaikan. Jika berupa ilmu kejahatan, maka yang ada hanyalah dosa yang terus menumpuk akibat dipraktekkan oleh orang lain.

Baca Juga:


Semoga kita semua senantiasa mau berbagi ilmu kebaikan apapun karena besarnya keutamaan yang didapat serta bisa terhindar dari azab yang pedih. Wallahu A’lam





loading...

close ini