Ingin Mendapatkan Istri Yang Shalihah? Baca Dan Renungkanlah Ayat Al Qur’an Ini




Ingin Mendapatkan Istri Yang Shalihah? Baca Dan Renungkanlah Ayat Al Qur’an Ini

Ingin Mendapatkan Istri Yang Shalihah? Baca Dan Renungkanlah Ayat Al Qur’an Ini

Mendapatkan seorang istri yang shalihah merupakan impian setiap laki-laki muslim. Bagaimana tidak, istri shalihah akan taat kepada Allah, Rasulullah dan juga suaminya. Istri shalihah juga akan menyenangkan ketika dipandang, menjaga diri ketika berada di luar, bersabar atas ujian dan bersyukur atas pemberian suami.

Jika memang ingin mendapatkan sosok wanita yang demikian, Allah telah menjelaskannya dalam sebuah ayat Al Quran yang terdapat dalam surat An Nur ayat 26 dan patut kita renungi.

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

“Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula). Sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula).”

Jika kita mau menelaah dan meresapinya maka hal ini akan berpengaruh sangat besar terhadap sikap kita nantinya guna mendapatkan seorang istri yang shalihah.

Mengenai ayat ini, kejadiannya bermula ketika tuduhan keji dialamatkan kepada Aisyah Radhiyallahu ‘Anha. Meski begitu ia tidak langsung membela diri, melainkan menunggu datangnya wahyu Allah atas Rasul.

Dalam sebuah tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan bahwa tidaklah Allah menjadikan Aisyah sebagai istri Nabi, melainkan ia merupakan wanita yang baik.

Dari keterangan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa jika menginginkan seorang istri yang baik atau shalihah, maka seorang laki-laki harus memantaskan dirinya dahulu dengan menjadi pribadi yang shalih. Begitu pun juga bagi istri yang menginginkan laki-laki yang shalih agar memantaskan diri untuk menjadi wanita yang shalihah.

Jika pun memang Allah menakdirkan pasangan yang belum shalih atau shalihah, maka hal itu akan menjadi sebuah pengangkat derajat sekaligus penghapus dosa-dosa yang kita lakukan.

Baca Juga:


Semoga umat muslim maupun muslimat bisa mendapatkan jodoh yang terbaik dengan terlebih dahulu memantaskan diri hanya karena Allah Ta’ala. Aamiin