Ngeri! Inilah 3 Hal Yang Akan Terjadi Pada Bumi Jika Bulan Tiba-Tiba Lenyap




Ngeri! Inilah 3 Hal Yang Akan Terjadi Pada Bumi Jika Bulan Tiba-Tiba Lenyap

Ngeri! Inilah 3 Hal Yang Akan Terjadi Pada Bumi Jika Bulan Tiba-Tiba Lenyap

Bulan menjadi bagian dari kehidupan bumi yang tidak dapat dipisahkan. Tak hanya berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia, namun juga mempengaruhi aspek lainnya. Bahkan bulan dikatakan juga sebagai satelit dari bumi karena begitu berpengaruh.

Sering kita saksikan diatas langit saat malam, bulan tertutupi awan yang menghitam. Kita pun beranggapan bahwa bulan tersebut hilang atau lenyap. Padahal bulan tersebut hanya tertutup sementara dan akan muncul lagi ketika awan tersebut bergeser.

Lantas pernahkah membayangkan bagaimana jika bulan benar-benar lenyap dari peredaran bumi? Bagaimanakah jadinya bumi jika tanpa adanya bulan?

Dilansir dari LiveScience, akan terjadi tiga hal yang sangat mengerikan jika bulan benar-benar lenyap dari kehidupan manusia di bumi.

1. Laut Tidak Akan Mengalami Pasang Surut

Adanya bulan sangat berpengaruh terhadap pasang surutnya lautan. Hal ini karena laut akan mengikuti gravitasi dari bulan.

Dalam beberapa penelitian bahkan dinyatakan bahwa akan terjadi semacam gelombang yang sangat tinggi karena tidak adanya gravitasi tersebut. Alhasil muncul sebuah tsunami besar akibat tarikan gravitasi matahari saat siang hari.

2. Hitungan Hari Akan Menjadi Lebih Pendek

Adanya gravitasi bulan sebenarnya memperlambat rotasi bumi dalam sehari dari enam jam menjadi 24 jam. Dengan kata lain jika bulan benar-benar lenyap, maka hitungan waktu dalam sehari akan menjadi lebih pendek. Jadwal hari pun akan menjadi kacau.

Perlu diketahui bahwa bumi berputar pada porosnya dengan sangat cepat. Dan karena adanya gravitasi bulan, maka perputaran itu pun menjadi lebih lambat.

3. Bumi Menjadi Tempat Yang Tidak Layak Untuk Dihuni

Lenyapnya bulan dari peredaran bumi akan membuat bumi berputar tidak terkendali dan berubah-ubah. Hal ini membuat bumi berputar seperti gasing dimana akan mengalami guncangan dari setiap sisi.

Tak hanya itu saja, perubahan suhu dan cuaca pun akan menjadi sangat ekstrem dan cepat sehingga bumi menjadi tidak layak untuk dihuni. Ditambah lagi bumi akan menjadi gelap gulita saat malam hari karena tidak adanya pantulan sinar matahari dari bulan.

Baca Juga:


Sungguh hal yang mengerikan jika memang bulan benar-benar lenyap dari peredaran bumi. Maka sudah sepatutnya bagi kita untuk senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah karuniakan di alam ini. Wallahu A’lam.