Demi Sebuah Karya Seni, Ribuan Orang Rela Melepas Pakaian Mereka




Hanya Demi Sebuah Karya Seni, Ribuan Orang Rela Melepas Pakaian Mereka

Demi Sebuah Karya Seni, Ribuan Orang Rela Melepas Pakaian Mereka

Karya seni saat ini sudah melewati batas kodrat manusia sebagai makhluk yang beradab. Terbukti sebanyak 3.200 orang rela melepas pakaian mereka hanya untuk sebuah karya seni fotografi.

Dalam foto yang diambil di Kota Hull, Inggris tersebut nampak ribuan orang melakukan pose berbaring seperti aliran banjir di jalanan Kota Hull. Sontak orang yang baru melihatnya langsung kaget dan bahkan ada yang jatuh dari sepeda.

Dilansir dari The Guardian, Senin (11/07/2016), ribuan peserta tersebut berani menanggalkan pakaian mereka dan melumuri tubuhnya dengan cat berwarna biru. Tujuannya untuk mendukung karya terbaru dari Fotografer internasional yang terkemuka bernama Spencer Tunick dengan tema “Sea of Hull”.

Tak hanya itu saja, karya seni tersebut juga dimaksudkan untuk merayakan Kota Hull sebagai Kota Budaya Inggris Raya.

Bagi Tunick, lekukan tubuh manusia memiliki sifat seperti aliran banjir sehingga jadilah karya seni yang meninggalkan nilai manusia yang beradab dengan cara melepaskan pakaian mereka layaknya binatang.

Bukannya malu, para peserta justru merasa bangga melihat foto mereka yang tidak berbusana dan dipamerkan di Ferens Art Gallery.

“Gagasan melihat foto diriku telanjang di dinding galeri. Saya tidak pernah merasa malu dengan tubuh saya. Tubuh harus dirayakan, tidak perlu malu,“ ucap Hannah Tomes.

Alasan Tunick memilih Kota Hull sebagai lahan karya seninya dikarenakan tertarik dengan kawasan Hull dahulu yang merupakan kawasan perairan.

“Hal yang sangat menggelitik saya adalah bahwa di banyak jalan utama atau taman sekarang, sebelumnya merupakan kawasan perairan,” pungkasnya.

***

Memang saat ini umat manusia sudah tidak memiliki rasa malu lagi untuk memperlihatkan bentuk tubuhnya di muka umum, terlebih lagi para wanita. Sebagian dari mereka bahkan melakukannya dengan tujuan iseng semata. Jika sudah begini, manusia menjadi lebih rendah dari binatang.

Baca Juga:


Semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka untuk segera bertobat dan kembali kepada fitrahnya sebagai seorang manusia. Aamiin