Bagi Pemudik, Bacalah Doa Ini Terlebih Dahulu Sebelum Masuk Ke Dalam Rumah




Bagi Pemudik, Bacalah Doa Ini Terlebih Dahulu Sebelum Masuk Ke Dalam Rumah

Bagi Pemudik, Bacalah Doa Ini Terlebih Dahulu Sebelum Masuk Ke Dalam Rumah

Bagi masyarakat muslim di Indonesia, mudik setiap lebaran sudah menjadi hal yang harus dilakukan. Terlebih bagi para perantau yang jauh dari keluarga. Maka bertemu dengan sanak saudara menjadi momen yang tidak boleh dilewatkan begitu saja saat merayakan Idul Fitri.

Setelah puas berada di kampung halaman, tentu mereka pun akan kembali ke rumahnya masing-masing yang cukup lama tidak dihuni dan dalam keadaan kosong. Nah bagi umat islam, jangan langsung masuk ke dalam rumah begitu saja karena ada doa yang harus dibaca ketika akan memasuki rumah yang sudah lama tidak ditinggali.

Biasanya saat masuk ke dalam rumah sehari-hari, kita dianjurkan untuk mengucapkan ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh’ yang berarti ‘Semoga keselamatan, rahmat dan barakah Allah dilimpahkan kepadamu’. Dalil yang menjelaskannya terdapat dalam Al Qur’an surat An Nur ayat 61.

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.” (QS An Nur 61)

Ketika akan memasuki rumah yang telah lama ditinggal penghuninya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah memberikan contoh ucapan yang sedikit berbeda dengan ucapan salam pada umumnya.

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

إذا دخل البيت غير المسكون، فليقل: السلام علينا، وعلى عباد الله الصالحين

“Jika kalian memasuki rumah yang tidak ada penghuninya, maka ucapkanlah: “Assalamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish shaalihiin” (Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih)” (HR Bukhari)

Dalam riwayat lain pun dijelaskan bahwa ada doa khusus ketika akan memasuki rumah yang tidak ada penghuninya, salah satunya dalam riwayat Malik.

عَنْ مَالِك أَنَّهُ بَلَغَهُ إِذَا دُخِلَ الْبَيْتُ غَيْرُ الْمَسْكُونِ يُقَالُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Dari Malik, bahwa telah sampai kepadanya, jika memasuki rumah yang tidak ada penghuninya, maka ia mengucapkan: “Assalamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shaalihiin” (HR Malik)

Sehingga kesimpulannya sebelum para pemudik yang cukup lama meninggalkan rumahnya masuk ke dalam rumah, sebaiknya bacalah doa dan salam yang telah dicontohkan nabi, yakni:

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

“ASSALAMU’ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADILLAHISH SHAALIHIIN”

Artinya: Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih

Baca Juga:


Semoga kita senantiasa mengamalkannya dikarenakan menjadi bagian dari sunnah Rasulullah sekaligus memiliki keutamaan yang besar. Wallahu A’lam






close ini