Hindari 8 Perbuatan Ini Jika Tak Ingin Buka Bersama Berbuah Dosa




Hindari 8 Perbuatan Ini Jika Tak Ingin Buka Bersama Berbuah Dosa

Hindari 8 Perbuatan Ini Jika Tak Ingin Buka Bersama Berbuah Dosa

Salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan hanya pada bulan Ramadhan adalah buka puasa bersama. Hal ini memang menjadi sebuah moment yang mengesankan sekaligus mempererat silaturahmi antar sesama muslim.

Tak hanya diadakan untuk menghimpun anggota keluarga, namun buka bersama juga menjadi ajang untuk bertemu dengan teman satu sekolahan dahulu ataupun rekan kerja.

Meskipun menyenangkan dan menambah erat silaturahmi, ternyata buka bersama pun bisa menimbulkan bahaya yang berujung dosa. Karenanya sebisa mungkin hindari perbuatan tersebut agar puasa tidak berujung dosa.

Apa saja perbuatan yang harus kita hindari tersebut?

1. Halalnya Menu

Saat berbuka bersama, tak banyak yang meneliti apakah menu di tempat buka bersama tersebut teruji kehalalannya atau tidak. Sebagian orang hanya melihat bahwa tempatnya ramai dan suasananya menyenangkan. Namun alangkah baiknya jika menu buka puasanya pun jelas halal haramnya.

2. Melaksanakan Shalat Maghrib Di Ujung Waktu

Buka bersama umumnya dilakukan di rumah makan ataupun restoran. Namun tak banyak rumah makan yang menyediakan tempat shalat sehingga umat islam yang berbuka puasa pun kesulitan, bahkan melalaikan shalat maghrib hingga penghujung waktu.

Jauh lebih baik jika buka bersama di masjid sehingga ketika adzan selesai berkumandang, bisa terlebih dahulu shalat maghrib berjamaah sebelum menyantap hidangan utama.

3. Shalat Isya Berjamaah Terlewat

Waktu maghrib menuju isya memang terbilang sangat pendek. Tak heran jika di waktu tersebut, umat islam harus bersiap sedia agar ketika adzan isya berkumandang bisa segera menuju masjid atau mushola guna melaksanakan shalat berjamaah.

Akan tetapi ketika buka bersama dan jaraknya cukup jauh dari rumah ataupun jauh dari masjid, maka sudah pasti akan melewatkan shalat isya berjamaah. Apalagi jalanan sekarang sangat macet seiring banyaknya kendaraan pribadi, maka waktu dan tempat untuk berbuka puasa bersama harus diputuskan baik buruknya.

4. Terlewat Shalat Tarawih

Buka bersama juga identik dengan berlama-lama di tempat tersebut. Bisa jadi karena sudah lama tidak jumpa dengan kawan ataupun memang acaranya cukup menyita waktu. Tak heran jika shalat tarawih yang biasanya dilaksanakan setelah shalat isya pun dilewatkan.

Meski termasuk ibadah sunnah, namun shalat tarawih pun sama penting karena hanya ada di bulan Ramadhan saja.

5. Boros Dan Mubazir

Jika melangsungkan acara buka bersama di rumah makan yang mewah dimana menunya sangat banyak dengan harga yang sangat mahal, maka hal itu justru akan berakibat pemborosan dan memunculkan mubazir. Karena makanan yang terlalu banyak tidak akan termakan dan akhirnya terbuang sia-sia.

6. Ghibah

Saling bertemu dengan orang lain yang bukan dalam majelis ilmu atau dzikir juga lebih banyak berpotensi menimbulkan ghibah. Hal ini biasanya dilakukan sambil menunggu adzan maghrib agar waktu tidak terasa.

Alangkah lebih baik jika buka bersama tersebut sebelumnya diisi dengan ceramah ataupun kajian yang bermanfaat sehingga buka bersama bisa berbuah pahala.

7. Munculnya Zin4 Mata

Umumnya masyarakat juga mengadakan buka bersama di tempat yang umum. Bahkan ada restoran yang di sisinya terdapat kolam renang sehingga berbuka puasa justru menjadi celah untuk menambah dosa karena melihat aurat dan tidak menjaga pandangan.

Saling pandang sesama pasangan yang belum menikah pun meski buka bersama dengan yang lain tetap menimbulkan zin4 mata. Sehingga akan lebih baik jika buka bersama dilakukan di tempat yang aman dari hal negatif dan juga terpisah antara laki-laki dengan perempuan.

8. Ikhtilath

Buka bersama bagi kalangan remaja juga menjadi ajang untuk mencari alasan agar bisa pergi berdua dengan pasangan yang bukan muhrimnya. Dengan kata lain terjadi ikhtilath yang mendatangkan dosa bahkan maksiat.

Karenanya bagi umat islam yang ingin puasanya bisa meraih kemenangan, jagalah puasa tersebut agar tidak sia-sia sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar.” (HR Ibnu Majah)

Baca Juga:


Semoga kita yang sering mengadakan buka bersama di luaran bisa menghindari berbagai hal tersebut agar puasa tidak berakhir dengan sia-sia. Wallahu A’lam